Tarif Tol Akses Tanjung Priok Gratis Satu Bulan

Jalan Tol Akses Pelabuhan Tanjung Priok.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Pembangunan jalan Tol Akses Tanjung Priok, sepanjang 11,4 kilometer akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada siang ini, Sabtu 15 April 2017. Setelah sekian tahun, akhirnya pembangunan jalan tol menuju pelabuhan terbesar di Indonesia ini selesai. 

Banjir Rendam Kolong Tol JORR, Akses Jalan Bekasi-Jakarta Terganggu

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna mengatakan, setelah diresmikan Presiden Jokowi, jalan ini sudah dapat beroperasi secara fungsional. Selama sebulan, ungkap dia, tarif jalan tol ini akan digratiskan. 

"Sementara, kita operasikan tanpa tarif sampai sebulan mungkin, biar dirasakan enaknya sebulan usai peresmian ini," kata Herry di lokasi, Sabtu 15 April 2017. 

Bakrie & Brothers Pasok Box Girder untuk Proyek LRT dan Jalan Tol

Untuk pengoperasian, kata dia, pada tahap awal akan diserahkan kepada PT Jalantol Lingkarluar Jakarta (JLJ) dan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP). Setelah, itu baru akan ditugaskan kepada operator yaitu PT Hutama Karya Tbk (HK). 

"Dalam proses ke sana (HK), sebelum itu JLJ yang akan operasikan sebagian, terus sebagian lagi CMNP yang di ujung. Dikit kok yang di sana, Kebon Bawang, gerbang yang akan ngisi CMNP. Karena itu, kan masuk ke ruasnya dalam kota, jadi ruasnya CMNP. Yang ke arah sini, kita JLJ," ujar dia. 

Menhub Sebut Jalur Yogya-Solo Butuh Jalan Baru

Herry mengungkapkan, alasan pengelolaan jalan tersebut ditugaskan kepada HK, lantaran perusahaan pelat merah itu membutuhkan modal yang lebih besar untuk pembangunan jalan tol Trans Sumatera. "Sebagai modalnya HK, untuk bangun Sumatera," kata dia. 

Sementara itu, mengenai tarif nanti yang akan ditetapkan, masih dalam kajian oleh pihak pemerintah yang akan diregulasi melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
 
"Tarif sedang kita kaji. Uji laik sudah selesai, tetapi tarif memang belum ditetapkan. Biar enggak ada masalah, jadi awal operasi ini tidak ada tarif," jelasnya. (asp)

Kendaraan pemudik melintasi jalan tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat

Bakal Ada yang Baru di Jalan Tol Cipali, Sudah Tahu?

Jalan tol Cipali akan dilengkapi akses tambahan untuk menuju Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati.

img_title
VIVA.co.id
19 November 2020