Resmikan Tol Akses Tanjung Priok, Jokowi Ingat Jadi Gubernur

Tol Akses Tanjung Priok.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo telah meresmikan Jalan Tol Akses Tanjung Priok sepanjang 11,4 kilometer pada siang ini, Sabtu 15 April 2017. Dalam peresmian ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Siap-siap, 26 Februari 2022 Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Rp500

Dalam sambutannya, Jokowi menceritakan kenangannya terhadap jalan tol ini. Ia menyebut, sudah sangat sering mengurus pembebasan lahan tol ini saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, sehingga dia pun tak ingat berapa kali telah berkunjung ke Tol ini.
 
"Saya enggak ingat sudah berapa kali urus ini saat jadi Gubernur, soal masalah pembebasan lahan. Alhamdulillah siang ini bisa dioperasikan," kata Jokowi dalam sambutan peresmiannya, Sabtu 15 April 2017. 

Jokowi pun mengenang adanya kesalahan pembangunan 69 tiang pancang yang dibongkar kembali lantaran spesifikasinya tidak sesuai dengan yang semestinya. Tiang tersebut diganti agar mampu menahan beban kendaraan hingga 45 ton.

Banjir Rendam Kolong Tol JORR, Akses Jalan Bekasi-Jakarta Terganggu

"Ada kesalahan di strukturnya, ada 69 tiang yang harus dipotong dan diganti dengan tiang yang benar, sehingga baru bisa dimulai lagi," kata Jokowi.

Jokowi menyebut waktu tertundanya proyek ini mencapai lima hingga enam tahun. Namun, hasil dari kerja keras tentu akan berujung manis pada akhirnya.

Kompensasi Banjir, Jalan Tol Dalam Kota Digratiskan Selama 18 Jam

Kini, kata Jokowi, jalan tol ini bisa dilewati 3.600 truk kontainer setiap harinya. "Ini besar sekali, sehingga ini akan memberikan daya saing yang besar sekali untuk pelabuhan ini. Alhamdulillah, siang hari ini bisa dioperasikan, sehingga kecepatan kontainer masuk dan keluar dapat dilayani dengan baik," ujar dia. (one)
 

Pengguna jalan tol melintas di samping gardu tol yang melayani pengisian ulang e-Money Mandiri di Gerbang Tol Cililitan, Jakarta, Selasa, 10 Februari 2017.

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Tarif tol dalam kota akan naik sebesar Rp500 pada Sabtu 26 Februari 2022 pukul 00.00 WIB pada semua golongan kendaraan.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2022