Tol Pantura Ditarget Bisa Dilewati Pemudik Hingga Semarang

gerbang jalan tol Semarang-Solo seksi I Semarang-Ungaran
Sumber :
  • Antara/ R Rekotomo

VIVA.co.id – Menjelang pelaksanaan arus mudik Lebaran 2017, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat fokus pada perbaikan infrastruktur jalan Pantai Utara Jawa.

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Diharapkan, jalan tol yang kini tengah dibangun pada saat arus mudik Lebaran sudah dapat digunakan hingga Weleri dan Ngaliyan, Semarang.

"Untuk memastikan itu, maka kita akan melakukan pengecekan lapangan paling tidak dua kali, akhir April dan awal Juni mendatang, sebelum berlangsungnya masa arus mudik,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Yogya, Senin 17 April 2017.

Sri Mulyani Ungkap 'Kontraksi Dalam' Belanja Modal Januari 2022

Ia menjelaskan, jalan tol dan jalan nasional Bawen – Salatiga – Solo – Ngawi – Kertosono ditarget juga siap pada masa arus mudik mendatang ini. Sedangkan untuk mengurangi kemacetan, juga sedang dikerjakan empat jembatan layang (fly over) dari Prupuk.

“Di sini, pada hari normal, ada sekitar 90 kali simpangan dengan kereta api dan kalau pada masa arus mudik bisa mencapai 95, atau bahkan 97 kali persimpangan dengan kereta api,” tuturnya.

Daftar 12 Ruas Jalan Tol Baru yang Diresmikan 2021

Dengan memperhitungkan setiap kali simpangan, perhentian kendaraan karena perjalanan kereta api bisa mencapai lima menit, maka dalam satu hari bisa mencapai 450 menit ,atau sekitar delapan jam. “Karena itu, kemudian kita bangun jembatan layang, atau fly over untuk memperlancar arus,” ujarnya.

Basuki menyebutkan, jembatan layang ini sudah bisa dioperasikan pada masa arus mudik mendatang ini, sehingga akan memperlancar arus lalu lintas.

Sementara itu, untuk perawatan tambal lubang, Basuki menjelaskan, sudah selesai dilakukan dan tinggal perawatan saja, agar pada saat arus mudik mendatang masih tetap baik. “Semoga terawat,” kata dia.

Persiapan jalur itu, lanjutnya juga sudah diselesaikan untuk kawasan Sumatera. Basuki menyebutkan, jalan tol Kuala Namu – Tebing, Indralaya – Palembang dan Bakauheni maupun Jalintim (jalan lintas timur) Sumatera sudah siap. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya