TUTUP
TUTUP
BISNIS

Cara Mewarnai Rumah Menggunakan Cahaya Alami

Pencahayaan alami memiliki keunggulan seperti jauh lebih terang.
Cara Mewarnai Rumah Menggunakan Cahaya Alami
 (Rumahku.com)

VIVA.co.id – Interior rumah dengan pencahayaan tertentu, bisa membuat penghuni merasa nyaman. Namun, jika rumah kurang pencahayaan, bisa terkesan suram. Dan, bila dibandingkan dengan menambah jumlah lampu, lebih baik gunakan pencahayaan alami yang memiliki manfaat lebih banyak.

Pencahayaan alami memiliki keunggulan seperti jauh lebih terang dan bebas biaya. Dengan pencahayaan alami ini, tubuh Anda juga jauh lebih sehat, karena adanya hormon serotonin yang semakin meningkat.

Walaupun demikian, tidak semua rumah mempunyai desain bangunan yang bisa menyerap cahaya alami dalam ruangannya.

Sebetulnya, ada berbagai macam cara untuk membuat rumah menjadi semakin terlihat terang, seperti menambah cermin kaca, atau material yang dapat memantulkan cahaya, hingga mengecat rumah dengan warna yang cerah. 

Berikut, tips selengkapnya untuk membuat rumah Anda melimpah dengan cahaya alami dikutip dari Rumahku.com, Selasa 18 April 2017.

1. Lis atap warna putih

Atap biasanya dibiarkan secara terbuka, atau ditutup untuk talang air. Padahal, bagian ini dapat memantulkan cahaya alami ke rumah Anda. Mengecat dengan warna putih bisa membuat tiap ruangan di rumah terasa terang, karena adanya pantulan cahaya matahari yang masuk ke jendela.

2. Pilih warna cat yang cerah

Warna dinding yang bagus untuk interior rumah Anda ialah warna yang bisa memantulkan seluruh cahaya ke ruangan. Pantulan cahaya putih ini memiliki nilai hingga 100 persen, dan warna hitam hingga nol persen. Tidak mengherankan, bila warna putih merupakan warna yang lebih sering dipilih sebagai cat dinding ruangan. Tetapi, jika Anda bosan dengan warna putih, Anda dapat memadukannya dengan warna cerah yang lain. 

3. Maksimalkan cat dinding dengan cat yang berkilap

Bila semakin tinggi level kilap yang berada di permukaan cat, akan semakin tinggi juga kekuatan pantulan cahaya. Dengan memilih cat dengan jenis finishing glossy dibanding matyte, ruangan Anda akan terlihat lebih terang. 

Hal tersebut, karena efek cermin yang ditimbulkan dari permukaan yang berkilap. Tetapi, bukan berarti Anda harus menggunakan cat kilap di semua ruangan dalam rumah. Anda bisa memilih satu tingkat kilap di cat yang Anda gunakan sekarang. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP