TUTUP
TUTUP
BISNIS

6 Solusi Cerdas Keluar dari Kesulitan Keuangan

Banyak pasangan yang memilih cerai karena kesulitan keuangan.
6 Solusi Cerdas Keluar dari Kesulitan Keuangan
Ilustrasi punya masalah keuangan.

VIVA.co.id – Dalam kehidupan berkeluarga, Anda dan pasangan pasti senantiasa akan menghadapi berbagai macam masalah rumah tangga. Masalah finansial adalah masalah yang paling pelik dalam kehidupan rumah tangga. 

Banyak pasangan yang memilih untuk berpisah alias bercerai karena kondisi ekonomi keluarga yang sangat terpuruk. Sebenarnya masalah keuangan bisa diatasi. Caranya? Yaitu harus bersikap tenang dan berusaha mencari solusi yang tepat untuk mengatasi semuanya.

Untuk menjaga keutuhan rumah tangga, Anda dan pasangan harus bisa saling menguatkan keharmonisan dengan cara selalu bersikap positif dalam menghadapi setiap masalah yang terjadi terutama yang ada kaitannya dengan kondisi ekonomi.

Masalah finansial adalah masa yang tidak bisa dihindari. Bisa saja saat ini Anda hidup makmur dan tenang, tapi apakah ini akan bertahan seterusnya? Tentu saja tidak. 

Masalah finansial akan datang menghampiri keluarga jika tidak bisa mengatur keuangan. Anda tidak mampu menempatkan diri dan menggunakan uang dengan bijak.

Agar terhindar dari masalah finansial, perhatikan beberapa tips dari Cermati.com yang akan dibahas di bawah ini.

1. Menyusun anggaran

Jika sedang mengalami masalah finansial, sebaiknya segera menyusun anggaran keluarga. Cara yang bisa dilakukan adalah membuat daftar pemasukan dan pengeluaran yang terjadi setiap bulannya. 

Anda bisa menggabungkan penghasilan Anda dan pasangan lalu mengurangkannya dengan pengeluaran yang terjadi, misalnya biaya keperluan sehari-hari, biaya listrik, air, telepon, asuransi, asuransi, dan biaya cicilan rumah maupun kendaraan.

2. Hindari kebutuhan yang tidak perlu

Banyak dari kita sering kehabisan gaji sebelum waktunya. Gaji yang diterima per bulannya hanya bisa bertahan dua atau tiga minggu. Selebihnya kita tidak tahu harus bagaimana. 

Agar hal ini tidak terjadi, Anda harus bisa menentukan kebutuhan apa yang perlu dan tidak perlu. Anggaran pengeluaran per bulan yang sudah disusun di poin pertama di atas sangat membantu untuk menghindari membeli kebutuhan yang tidak diperlukan. 

Karena, sudah memiliki catatan tentang apa saja yang akan dibeli selama sebulan dan ke mana saja uang tersebut akan dialokasikan Jika ingin tetap bertahan saat kondisi finansial buruk, Anda harus bisa menahan diri. Jangan biarkan hawa nafsu menguasai hati dan pikiran saat berbelanja.

3. Hidup sederhana

Banyak dari kita sering kehabisan gaji karena bersikap konsumtif dan terlalu mengikuti kehidupan duniawi. Sadar atau tidak, Anda yang selalu mengikuti gaya hidup anak orang kaya kebanyakan akan sering mengalami masalah finansial. 

Agar kondisi keuangan tidak semakin terpuruk, maka Anda perlu untuk hidup sederhana. Anda yang sudah terbiasa dengan kehidupan glamour memang akan susah mengubah pola dan gaya hidup itu. 

Namun, saat berada dalam kondisi ekonomi terpuruk, mau tidak mau Anda harus bisa mendorong diri untuk melakukannya. Tidak ada kata terlambat jika ingin mengubah pola dan gaya hidup menjadi lebih sederhana.

4. Melunasi utang

Anda termasuk orang yang suka berutang? Kalau “iya”, saat ini adalah waktu yang tepat untuk memikirkan bagaimana cara melunasi hutang-hutang tersebut. Anda bisa membayar hutang mulai dari yang jumlah bunganya lebih besar terlebih dahulu.

Hindari untuk melakukan pembayaran hutang melebihi 30 persen dari penghasilan setiap bulannya. Jika persentasenya lebih, pasti Anda akan kesulitan saat ingin melunasinya.

5. Tetap giat bekerja

Bekerja seumur hidup pada satu tempat adalah hal yang membosankan. Namun Anda harus bisa melawan rasa bosan ini dan coba untuk mensyukuri apapun yang diterima saat ini. Anda yang belum memiliki pekerjaan pengganti sebaiknya harus tetap bersabar dan giat melaksanakan pekerjaan.

Apapun jabatan yang dimiliki sekarang, cobalah untuk dipertahankan. Lakukan inovasi dan berikan solusi terbaik setiap kali perusahaan menghadapi masalah. Dengan melakukan hal ini, bisa saja kepala perusahaan menaikkan jabatan Anda.

6. Berkomitmen

Setelah berhasil melakukan kelima poin di atas, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah berkomitmen. Semua perubahan yang telah dilakukan untuk memperbaiki kondisi finansial tidak akan berhasil jika Anda tidak komitmen. 

Jalanilah gaya hidup yang baru dan jangan gampang tergoda terhadap hal-hal yang tidak penting. Ingat, masalah finansial adalah masalah krusial dalam kehidupan. Semoga poin-poin di atas dapat dijadikan solusi saat menghadapi masalah finansial. (hd)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP