HUT BUMN ke-19, Menteri Rini Minta Maaf

Menteri BUMN Rini Soemarno.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kementerian Badan Usaha Milik Negara menggelar acara perayaan hari ulang tahun ke-19 hari ini, Selasa 18 April 2017. Dalam perayaan tersebut diselenggarakan berbagai perlombaan antardireksi perusahaan pelat merah dengan pegawai Kementerian BUMN, mulai dari lomba tarik tambang hingga lomba catur. 

Pelindo Bantu Warga yang Mau Mudik Lebaran Tapi Terkendala Biaya

Dalam sambutannya, Menteri BUMN, Rini Soemarno, menyampaikan bagaimana perjuangan BUMN menjadi kementerian yang berdiri sendiri setelah dahulunya berada di bawah Kementerian teknis. 

"Waktu didirikan, Kementerian BUMN, menteri pertamanya Pak Tanri Abeng. Saya rasa beliau cukup jelas tanggung jawabnya menyatukan BUMN yang tadinya di bawah kementerian teknis. Proses yang cukup berat," kata Rini dalam sambutan di pelataran perkiraan Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa 18 April 2017. 

Tebar Kehangatan di Safari Ramadan BUMN 2024, Kementerian BUMN dan Bank Mandiri Gelar Pasar Murah

Rini mengatakan, proses kementerian BUMN menjadi kementerian yang berdiri sendiri cukup sulit apakah bertindak ke birokrasi atau profesional korporasi. Hal ini yang membuat proses lahirnya Kementerian BUMN memakan waktu yang cukup lama. 

"Tapi waktu Jokowi memimpin, sebelumnya dengan beliau dengan saya sudah banyak bicara bahwa BUMN harus bisa dikelola secara profesional. Tapi pada saat yang sama harus bisa jadi kepanjangan tangan pemerintah untuk mendorong pembangunan dan merealisasikan program pemerintah, yang lebih bisa dikalkulasi secara komersial," kata dia. 

Erick Thohir Rombak Komisaris PLN, Nawal Nely Gantikan Tedi Bharata

Saat ini, kata Rini, Kementerian BUMN sudah mulai melakukan banyak perubahan. Dalam sekitar 2,5 tahun kepemimpinannya, Kementerian BUMN diklaim sudah jauh lebih baik.

"Saya ingin ucapkan beribu-ribu-ribu terima kasih kepada semua yang bersama-sama saya banyak melakukan perubahan, yang saya merasa bahwa kita sekarang sudah jauh lebih baik dibanding tiga tahun lalu. Mohon maaf pasti bapak ibu sudah bosan dengarin saya marah-marah. Saya minta maaf, walaupun belum hari raya," tutur Rini. (one)

Menteri BUMN Erick Thohir

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir buka-bukaan alasan belum beroperasinya Stasiun Kereta Cepat Karawang. Penyebab belum dibukanya Stasiun Karawang dian

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024