Pilkada Putaran Dua Bisa Kontribusi Omzet Ritel 30 Persen

Debat pamungkas Pilkada DKI Jakarta 2017, 12 April 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Pemilihan kepala daerah putaran kedua DKI Jakarta pada hari ini, 19 April 2017, masih tetap dimanfaatkan oleh beberapa ritel untuk menawarkan diskon. Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia Handito Hadi Joewono mengatakan, ada sedikit perbedaan peluang usaha yang ada pada putaran kedua ini untuk ritel menarik minat belanja masyarakat. 

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

Handito mengungkapkan, ada peluang penambahan omzet lebih tinggi pada putaran kedua ini, meski geliat peritel dalam memberikan tawaran diskon terlihat lebih menyusut, karena pengalaman putaran pertama yang dampak omzetnya rendah. 

Ia memperhitungkan kontribusi bagi omzet dari pesta diskon pilkada putaran kedua DKI Jakarta bisa mencapai 25-30 persen. Sementara itu, pada putaran pertama, ia memperhitungkan kontribusi bagi omzet ritel sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) hanya 10-15 persen. 

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

"Pengadaan diskon bertema pilkada pada putaran pertama memang kurang berdampak pada omzet ritel, karena kemudian ada putaran kedua. Artian belum final. Situasi beda pada putaran kali ini dan dampak dapat lebih signifikan," ujar Handito kepada VIVA.co.id pada Rabu, 18 April 2017.

Kemungkinan adanya dampak signifikansi omzet ritel dikarenakan hari ini menjadi putaran final untuk diperolehnya nama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Paling tidak ada setengah dari warga Jakarta pada hari ini akan merayakan hari kemenangan. 

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

Namun, dampak signifikan ini baru dapat diperoleh peritel untuk program diskon lebih dari sehari. "Kalau pada hari H dampaknya enggak begitu terasa, karena sudah bisa dipastikan hari H pilkada ini masyarakat lebih fokus mencoblos. Dampaknya terasa untuk 1-2 hari ke depan dan lebih efektif untuk sampai Minggu," ungkapnya. 

Sasaran diskon ritel bertema pilkada ini, ia mengatakan, paling tidak ialah kelompok orang yang merayakan pesta demokrasi dan masyarakat konsumtif.

Namun, Ketua Umum Aprindo, Roy N. Mande, mengatakan, dari seluruh anggotanya, hanya mayoritas jenis ritel makanan dan minuman siap saji yang akan menyemarakkan pesta demokrasi putaran kedua DKI Jakarta dengan diskon-diskon pada 19 April 2017.

"Tidak banyak ritel yang menyatakan akan meramaikan pilkada dengan diskon-diskon. Jumlahnya kurang dari 10 ritel, sekitar empat atau lima saja," ujar Roy kepada VIVA.co.id pada Selasa, 18 April 2017. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya