TUTUP
TUTUP
BISNIS

Lima Kunci Sukses Jadi Pengusaha Baru

Untuk sukses, perlu memiliki dan menjalankan strategi yang tepat.
Lima Kunci Sukses Jadi Pengusaha Baru
Ilustrasi pemimpin perusahaan. (bisnisukm.com)

VIVA.co.id – Tahun baru identik dengan resolusi yang baru. Sebuah pencapaian baru harus bisa diwujudkan di tahun yang baru. Lalu, apakah resolusi kamu tahun ini? 

Jika resolusimu tahun ini adalah menjadi pengusaha yang sukses, maka perlu mempersiapkan banyak hal penting yang berkaitan dengan hal itu.

Untuk menjadi pengusaha yang sukses, kamu perlu memiliki dan menjalankan strategi yang tepat. Selain itu juga harus didukung dengan usaha keras dan perjuangan yang tidak mudah. 

Berikut ini adalah lima cara dari Cermati.com agar bisa menjadi pengusaha di tahun ini yang bisa dipelajari dan lakukan mulai dari sekarang.

1. Tentukan jenis usaha

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah menentukan jenis usaha apa yang akan dijalani. Pilihlah jenis usaha yang paling cocok dengan kamu. Ketika kamu menyukai jenis usaha tersebut, maka semakin ringan kamu dalam menjalaninya. Buatlah gambaran usaha tersebut secara spesifik dan mendetail, agar mudah untuk dipahami.

Banyak sekali jenis usaha yang ada. Pilihlah usaha yang ringan terlebih dahulu, namun sesuai dengan diri sendiri. Meskipun kecil, jika benar-benar yakin akan usaha itu maka besar kemungkinan akan bisa diwujudkan tahun ini. Kesuksesan besar dimulai dengan langkah yang kecil.

2. Estimasi modal

Langkah selanjutnya adalah identifikasikan dan cari tahu berapa modal yang kamu butuhkan untuk memulai usaha tersebut. Rincilah sedetail mungkin kebutuhan apa saja dan berapa dana yang dibutuhkan.

Kemudian, lihatlah berapa uang simpanan yang kamu miliki sekarang dan berapa kekurangan atau kelebihan modalnya. Jika ternyata masih kurang, maka kamu harus memikirkan dari mana bisa memperoleh kekurangannya.

Kamu bisa membuat estimasi modal dalam bentuk hardfile maupun softfile-nya. Lakukan survei pasar untuk mengetahui harga tiap kebutuhannya dan jika perlu bertanyalah pada yang lebih mengetahuinya. Jangan malu untuk sekadar bertanya-tanya terkait harga kepada orang lain.

3. Targetkan kapan usaha bisa dimulai

Buatlah target kapan kamu akan memulai usaha yang telah direncanakan tersebut. Rancang segala persiapannya secara matang. Semakin matang rancangan usahamu, maka menandakan bahwa kamu memang benar-benar serius dan bersemangat dalam mengembangkan usaha tersebut.

Persiapan usahamu yang telah matang bisa dipastikan dapat segera berjalan tahun ini. Pilihlah waktu yang tepat di mana kamu memang benar-benar telah siap untuk bekerja. Jangan terburu-buru ataupun terlalu lama mengulur waktu.

4. Carilah tambahan modal

Modal merupakan sesuatu yang sangat penting untuk menjalankan sebuah usaha. Tanpanya, usahamu yang telah direncanakan sedemikian rupa tak akan terealisasi. 

Namun, jika kenyataannya uang tabunganmu tak cukup sebagai modal usaha, maka tandanya kamu harus mencari jalan untuk memenuhinya. Saat ini banyak tawaran peminjaman modal dari berbagai lembaga, seperti bank. 

Tapi, ingat jangan sembarangan melakukan pinjaman. Ada baiknya kamu mencari tahu sedetail mungkin terkait bank yang dituju. Kamu bisa meminjam uang modal kepada bank dengan memanfaatkan Kredit Tanpa Agunan.

Kredit Tanpa Agunan adalah salah satu produk pinjaman uang yang menyediakan fasilitas kredit tanpa membebankan kepada calon nasabah supaya memberikan suatu aset sebagai jaminan dari pinjaman tersebut. Tentunya hal ini lebih meringankan kamu sebagai calon pengusaha.

5. Temukan partner yang tepat

Dalam menjalankan suatu usaha agar lebih mudah, kamu perlu mencari partner kerja yang tepat. Jangan asal dalam memilih partner, apalagi hanya karena kedekatan atau pertemanan. 

Pilihlah mereka yang memang benar-benar mengerti arah usahamu dan berpotensi bisa diajak untuk bekerja sama. Partner yang telah kamu tentukan dapat membantumu dalam menjalankan usaha dan pergerakan usahamu akan semakin lancar. 

Diskusikan tujuan dan segala hal mengenai usahamu dengannya dan buat komitmen untuk menjalankan usaha tersebut.

Persiapkan rencana dengan strategi tepat dan jangan mudah menyerah

Jika kamu benar-benar serius ingin menjadi pengusaha sukses, maka persiapkan semua rencana dengan strategi yang tepat dari awal sampai akhir. Jangan mudah menyerah dan terus berusaha sampai kamu menemukan solusi dan jalan yang tepat. Saat kita yakin dan mau berusaha, pasti akan selalu ada jalan. (ase)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP