Menperin: Pilkada DKI Sinyal Positif Bagi Industri

Anies Baswedan dan 'Ahok' Basuki TJahaja Purnama saat menggelar pertemuan pertama mereka usai Pilkada DKI putaran dua di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (20/4/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Irwandi Arsyad

VIVA.co.id – Pemilihan Kepala Daerah, atau Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017, telah selesai diselenggarakan. Pasangan calon nomor urut tiga, Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno berhasil mengalahkan calon petahana, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dalam sejumlah quick qount dan real qount.

Di Indonesia Cuma Segini Orang yang Mampu Beli Mobil Pribadi

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, Pilkada DKI kali ini hasilnya menunjukkan bahwa demokrasi di Indonesia berjalan dengan baik. Sehingga, pesta demokrasi di ibu kota berdampak positif bagi sektor industri.

"Ini memberikan sinyal positif bahwa di Indonesia proses demokrasi berjalan secara baik dan transparan. Kedua pasangan sudah saling berkomunikasi, dan sudah ada penerimaan hasil quick count. Jadi, untuk lingkungan industri positif," kata Airlangga di sela acara Indonesia Economics Summit, di Shang-Ri La Hotel, Jakarta, Kamis 20 April 2017. 

RI Lepas Ekspor Minuman Beralkohol Perdana Diageo ke Thailand

Bahkan, lanjut Airlangga, selama proses kampanye hingga pemilu, investasi dan proses industri tetap berjalan seperti biasa dan tidak ada gangguan. Namun, ia berpesan pemimpin DKI Jakarta ke depan mesti pro bisnis dengan tetap mendukung pertumbuhan industri.

"Background dari Sandi, misalnya pebisnis. Anies sebelumnya juga (pebisnis) yang potensinya adalah mendorong pertumbuhan ekonomi. Jadi, kalau di Jakarta menjadi headquarter (kantor pusat) dan services (pelayanan)," ujar dia. 

Menperin Minta Pabrikan Mobil Kurangi Profit

Lebih lanjut, Airlangga mengaku berharap pemimpin Jakarta dapat terus meningkatkan pelayanan, baik bagi masyarakat DKI Jakarta maupun kalangan industri. "Kalau industri estate (hunian) kan, sudah pindah semua dari Jakarta. Tentu, servisnya saja yang dimajukan," ujarnya. (asp)

Ekspor Mobil Indonesia Meningkat

Dulu Beli Holden, Kini Mobil Buatan RI Siap Dijual ke Australia

Mobil buatan Indonesia akan dijual ke Australia dalam waktu dekat dengan memanfaatkan kerjasama ekonomi antar negara, dan keputusan dari principal brand.

img_title
VIVA.co.id
5 Februari 2022