Akhir Pekan, Waspadai Rupiah Melemah Lagi

Dolar AS dan rupiah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Perdagangan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat akhir pekan ini diperkirakan akan melanjutkan pelemahannya meskipun tidak ada sentimen negatif dari dalam negeri.

Loyo, Rupiah Dibuka Melemah Jelang Libur Lebaran Idul Fitri

Analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) yang dinyatakan tetap, tampaknya juga tidak akan banyak membantu menguatnya rupiah sesuai ekspektasi pasar.

"Pelemahan yang terjadi pada rupiah telah membuka peluang pelemahan lanjutan," kata Reza di Jakarta, Jumat, 21 April 2017. Menurutnya, jika dilihat dari pergerakan kemarin, laju rupiah kembali melanjutkan pelemahannya menuju level dikisaran Rp12.300.

Rupiah Melemah jadi Rp15.906, Dipicu Solidnya Ekonomi AS

"Kondisi ini tidak jauh berbeda dengan perdagangan sebelumnya dimana pelemahan rupiah terjadi di saat laju dolar juga sedang mengalami pelemahan," tuturnya.

Di sisi lain, pergerakan dari dolar Paman Sam terlibas dengan adanya penguatan euro yang memfaktorkan adanya pemilu di sejumlah area di Zona Eropa dan lonjakan dolar New Zealand seiring rilis kenaikan inflasi ke level tertingginya selama lima tahun.

Masih Loyo, Rupiah Dibuka Melemah Nyaris Tembus Rp 16 Ribu per Dolar AS

"Tampaknya pelaku pasar lebih memilih masuk pada mata uang yang memiliki risiko dan kerentanan cukup rendah. Akibatnya nilai dolar dan sejumlah mata uang yang dinilai high risk termasuk rupiah cenderung terkena imbas negatif," ujarnya.

Reza menyampaikan, pergerakan rupiah hari ini diperkirakan akan bergerak di kisaran Rp13.345 hingga Rp13.274 per dolar AS.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Rupiah Sentuh Rp 16.128 per Dolar AS, Airlangga: Sedikit Lebih Baik dari Malaysia dan China 

Nilai tukar rupiah hari ini sudah bertengger di atas Rp 16.000 tepatnya di Rp 16.128 per dolar AS. Pelemahan rupiah salah satunya dipicu oleh memanasnya konflik di Timur

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024