TUTUP
TUTUP
BISNIS

Jangan Takut Nikah! Yuk, Siapkan Empat Hal Ini

Finansial harus disiapkan mendukung mental dan spiritual jelang nikah.
Jangan Takut Nikah! Yuk, Siapkan Empat Hal Ini
Pasangan menikah. (Pixabay)

VIVA.co.id – Menikah adalah momen penting dalam hidup setiap orang. Oleh karenanya, pernikahan harus disiapkan sebaik mungkin, khususnya dalam hal mental dan spiritual. Sebab, dengan kesiapan mental dan spiritual, pernikahan niscaya akan lebih siap menghadapi setiap masalah dalam rumah tangga.

Namun, Anda yang berencana menikah juga wajib menyiapkan finansial. Meski bukan hal yang utama, finansial yang jauh lebih siap akan mendukung mental dan spiritual pasangan jauh lebih kuat. Bicara soal kesiapan finansial menjelang menikah tentu sangat luas. Kadang, orang bingung menentukan apa yang jadi prioritas untuk disiapkan menjelang menikah. 

Untuk membantu Anda, berikut empat hal yang perlu disiapkan seperti dikutip dari CekAja.com, pada Jumat 21 April 2017, yaitu:

1. Pekerjaan/penghasilan tetap

Jika Anda sudah siap secara mental, namun belum memiliki pekerjaan atau penghasilan tetap, jangan coba-coba untuk menikah. Uang memang bukan segalanya tapi uang seringkali jadi masalah yang membuat retak hubungan pernikahan. Orang yang sudah memiliki pekerjaan juga jauh lebih dewasa dibandingkan mereka yang masih mengandalkan orangtua. 

Untuk itu, tunda rencana menikah hingga masalah satu ini bisa terselesaikan. Tidak perlu pekerjaan yang bagus dan menghasilkan gaji selangit. Asalkan ada pemasukan rutin, Anda sudah bisa melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan.

2. Asuransi jiwa

Perlindungan satu ini penting bagi setiap orang khususnya kepala keluarga. Ingat, Anda tidak lagi laki-laki bebas yang hanya menanggung diri sendiri. Saat ini sudah ada istri yang berada di bawah tanggung jawab Anda. Pastikan Anda memiliki asuransi jiwa yang berfungsi sebagai tabungan sekaligus melindungi kehidupan finansial keluarga bila Anda sebagai kepala keluarga mengalami musibah yang membuat tidak bisa lagi menjadi pencari nafkah bahkan meninggal dunia sekalipun.

3. Rumah

Rumah sifatnya tidak wajib namun bisa jadi pelengkap yang membuat rumah tangga pernikahan Anda lebih bahagia. Harga rumah, khususnya di kota besar, memang mahal. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mempersiapkan tempat tinggal sebelum menikah. 

Dengan cara tersebut, setelah Anda menikah sudah tersedia tempat tinggal yang memadai. Cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pun bisa lebih ringan karena Anda bisa menanggungnya bersama istri. Bila penghasilan Anda memang belum cukup untuk syarat membeli rumah secara KPR, Anda bisa menyiapkan uang muka KPR terlebih dahulu. Setelah menikah rumah bisa dibeli dengan lebih mudah.

4. Kendaraan

Kendaraan juga tidak bisa disebut sebagai kebutuhan pokok. Namun, keberadaan kendaraan akan memudahkan mobilitas Anda dan pasangan. Terlebih bila Anda berdua tinggal di daerah yang tidak memiliki infrastruktur transportasi umum yang baik. 

Memiliki kendaraan juga bisa lebih menghemat pengeluaran Anda sehari-hari. Bila berniat membeli kendaraan secara kredit sebelum menikah, Anda bisa mengajukan kredit kendaraan bermotor secara online di toko-toko finansial terpercaya di Indonesia. (art)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP