Jokowi Banggakan Angka Pertumbuhan Indonesia

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Fajar GM

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo membanggakan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang positif di tengah gejolak ekonomi dunia. Ia menyebutkan pertumbuhan ekonomi saat ini sudah mencapai angka 5,02 persen.

BPS: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di 2021 Capai 3,69 Persen

"Ekonomi dunia sekarang ini berada pada posisi yang sangat tidak baik, perlambatan ekonomi hampir di semua negara terjadi. Kesulitan ekonomi di semua negara hampir terjadi di mana-mana. Tetapi negara kita alhamdulillah," kata Jokowi dalam pidatonya di acara Peresmian Pembukaan Kongres Ekonomi Umat Tahun 2017 di Hotel Sahid, Jakarta, Sabtu 22 April 2017

Menurutnya, angka pencapaian ekonomi Indonesia saat ini patut disyukuri. Kalau diberi peringkat, Indonesia saat ini berada di peringkat ketiga setelah India dan Tiongkok dalam konteks pertumbuhan ekonomi.

BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI 2022 Maksimal 5,5 Persen

"Tapi perlu dilihat lebih detail memang, pertumbuhan ekonomi tadi itu yang menikmati siapa, perlu dilihat secara detail," kata Jokowi.

Ia juga menyinggung soal rasio ketimpangan atau gini rasio Indonesia. Saat ini posisi Indonesia pada 2016 sebesar 0,39. Kalau dibanding tahun sebelumnya, angka ini sudah turun sedikit.

Pertumbuhan Ekonomi 5,5 Persen pada 2022 Dapat Tercapai Jika...

"Tapi kita ingin agar ini bisa turun banyak lagi," kata Jokowi.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Febrio Kacaribu.

Kemenkeu: Pertumbuhan Ekonomi 2021 yang Dirilis BPS Sesuai Prediksi

BPS baru saja merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal IV-2021 sebesar 5,02 persen dan sepanjang 2021 3,69 persen.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2022