Gaya Sri Mulyani 'Lobi-lobi' Internasional

Managing Director IMF Christine Lagarde (kanan) dan Menkeu Sri Mulyani (kiri).
Sumber :
  • REUTERS / Mike Theiler

VIVA.co.id – Pertemuan Rutin Tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia, atau Spring Meetings IMF-World Bank 2017 yang digelar di Washington DC, Amerika Serikat, dimanfaatkan Pemerintah Indonesia untuk melakukan lobi-lobi, guna memuluskan pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia yang akan digelar di Bali tahun depan.

Bank Dunia dan IMF Berlomba Suntik Dana Miliaran Dolar ke Ukraina

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pemerintah akan memanfaatkan kesempatan dijadikannya Indonesia sebagai tuan rumah perhelatan akbar tersebut, untuk promosi investasi di Indonesia yang tidak bisa dipungkiri memiliki potensi besar sebagai sumber ekonomi dunia.

“Tamu-tamu ini akan melihat sendiri, bahwa ekonomi Indonesia dan masyarakat Indonesia yang maju, dan memiliki kemampuan untuk memperbaiki dirinya dengan potensi ekonmi dan pariwisata yang akan kami sampaikan,” jelas Ani, sapaan Sri Mulyani dikutip melaui akun Facebook Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa 25 April 2017.

Situasi Mencekam, Bank Dunia dan IMF Pindahkan Staf dari Ukraina

Dilansir dari Reuters, Selasa 25 April 2017, pertemuan yang diadakan pada akhir pekan lalu itu benar-benar dimanfaatkan Sri untuk melakukan konsolidasi dengan para petinggi lembaga keuangan dunia.

Momen tersebut terpotret oleh Mike Theiler, Fotografer Kantor Berita Reuters.

Bantu Kembangkan Program JKN, Bank Dunia Kasih Pinjaman RI US$400 Juta

Menkeu Sri Mulyani berbincang di pertemuan IMF dan Bank Dunia.

Dalam beberapa kesempatan, Ani sapaan akrab Sri Mulyani terlihat berbincang dengan akrab dengan para bos lembaga keuangan dunia, Seperti Presiden Kelompok Bank Dunia Jim Yong Kim dan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde. Menggunakan batik khas Indonesia, Mantan Managing Director Bank Dunia itu juga tampak anggun, namun santai dalam pertemuan tersebut.

Keakraban Ani dengan para petinggi lembaga keuangan dunia juga tidak perlu di ragukan lagi. Hal tersebut terpotret pada saat dia mengobrol santai dengan Lagarde sebelum dimulainya rapat pleno komite kemantau, sebagai bagian dari Pertemuan Tahunan Musim Semi 2017 IMF dan Bank Dunia. 

Menkeu RI Sri Mulyani (Kiri)  dan Menkeu Jepang Taro Aso (Kanan)

Tidak hanya dengan para petinggi lembaga keuangan. Ani pun terlihat aktif berkomunikasi dengan beberapa menteri keuangan dari negara lain yang hadir pada pertemuan itu. Antara lain, Menteri Keuangan Jepang, Taro Aso dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin. 

Kedua menteri keuangan negara maju tersebut tampak akrab berkomunikasi dengan Ani sambil mengunggu waktu untuk foto bersama. 

Menkeu AS Steven Mnuchin (Tengah) dan Menkeu Sri Mulyani (Kanan).

Sebagai informasi, Indonesia secara resmi telah ditunjuk sebagai tuan rumah pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia tahun depan. Presiden Joko Widodo sendiri beberapa waktu yang lalu, telah menunjuk Menteri Kordinator Bidang Kemariiman Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pemimpin delegasi pertemuan tersebut.

“Dalam kesempatan ini, kami, Menko Luhut dan Gubernur Bank Indonesia (Agus Martowardojo) bertemu dengan Bank Dunia dan IMF, untuk membahas apa saja yang harus dilakukan dalam persiapan pertemuan. Kami harap, pertemuan ini bisa memberi manfaat,” katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya