1 Mei 2017, Terminal 3 Bandara Soetta Layani Internasional

terminal 3
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta akan layani penerbangan Internasional perdana mulai Senin 1 Mei 2017. Rute internasional pertama yang akan dilayani, yaitu Jakarta-Singapura oleh maskapai Garuda Indonesia GA 824 dan akan lepas landas pada pukul 06.10 WIB.

Hasil Tes PCR di Bandara Soetta Bisa Keluar 3 Jam, Segini Tarifnya

Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura II, Djoko Murjatmodjo mengatakan, penerbangan itu sekaligus menandakan perpindahan seluruh penerbangan internasional Garuda Indonesia ke Terminal 3 Ultimate mulai 1 Mei 2017 dari sebelumnya di Terminal 2. 

"Rencana Terminal 3 akan beroperasi 1 Mei 2017, pukul 00.01, tepat tengah malam dan dimulai layani penerbangan internasional. Penerbangan perdana pada pukul 06.10 WIB," kata Djoko di kantor Pusat AP II, Tangerang, Selasa 25 April 2017. 

AP II Modernisasi Sub Tower AMC Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

Saat ini, jelas dia, Garuda Indonesia mengoperasikan sedikitnya 17 penerbangan internasional langsung, atau direct dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) ke sejumlah negara di Asia, Australia, dan Eropa. 

Pada 1 Mei, kata dia, seluruh penumpang GA 824 Jakarta-Singapura, dapat langsung menuju Terminal 3 Ultimate untuk memproses keberangkatan, minimal dua jam sebelum jadwal penerbangan tersebut. 

Ribuan Simpatisan Habib Rizieq Masuki Kawasan Terminal 3 Soetta

Lebih lanjut, ia menginformasikan, area keberangkatan Terminal 3 lnternasional dapat dijangkau oleh penumpang pesawat melalui Gate 1 dan Gate 2, untuk kemudian memproses keberangkatan di counter check-in island A dan B. 

Djoko pun mengatakan, pihaknya berterima kasih atas dukungan masyarakat, Kementerian Perhubungan dan stakeholder di Bandara Soetta, sehingga pada 1 Mei 2017 penerbangan rute internasional dapat dilayani melalui Terminal 3, di mana tahap pertama ini khusus penerbangan yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia.

"Dibukanya Terminal 3 untuk lnternasional ini, dengan fasilitas modern yang ada di dalamnya, tentunya diharapkan dapat membuat Bandara Soekarno-Hatta semakin membantu pertumbuhan perekonomian dan perkembangan industri pariwisata Indonesia,” jelasnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya