Terminal 3 Soetta Sediakan 6 Gate Penerbangan Internasional

Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Chandra G Asmara

VIVA.co.id – Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta akan mulai mengoperasikan penerbangan internasional, pada 1 Mei 2017. Meski demikian, bangunan yang dipergunakan untuk penerbangan internasional ini baru sebatas gedung utama atau bagian tengah bangunan.

Hasil Tes PCR di Bandara Soetta Bisa Keluar 3 Jam, Segini Tarifnya

Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura II, Djoko Murjatmodjo mengatakan, pintu gerbang (gate) yang dibuka untuk proses naik pesawat atau boarding baru sebanyak enam gate yakni Gate 5, 6, 7, 8, 9, dan 10.

"Kami menilai ini sudah cukup, karena, baru Garuda Indonesia yang akan mengoperasikan penerbangan internasional," ujar Djoko Murjatmodjo di kantor pusat AP II, Cengkareng, Tangerang, Selasa 25 April 2017.

AP II Modernisasi Sub Tower AMC Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

Ia menerangkan, AP II akan mengedepankan pelayanan di Terminal 3 internasional. Terminal 3 juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas digital seperti layar informasi penerbangan dengan teknologi termodern, serta didukung aplikasi ponsel pintar.

Fasilitas tersebut akan dapat mempermudah penumpang pesawat atau pengunjung bandara mencari lokasi parkir, memesan tempat parkir inap, melakukan reservasi taksi, melihat jadwal penerbangan, dan lain sebagainya.

Ribuan Simpatisan Habib Rizieq Masuki Kawasan Terminal 3 Soetta

Ia menambahkan, guna mendukung kelancaran operasional, Terminal 3 juga dilengkapi dengan 64 konter imigrasi, masing-masing 32 konter imigrasi di keberangkatan, dan kedatangan. Selain itu, terdapat 30 autogate imigrasi, di mana masing-masing 15 autogate imigrasi di keberangkatan dan kedatangan.

"Pada security check point sebelum memasuki area imigrasi terdapat 12 unit x-ray dan dua unit pemindai tubuh, guna mendukung terwujudnya keamanan, serta keselamatan saat di terminal maupun pesawat," kata dia.

Tak hanya itu, lanjut dia, sejumlah tenant atau penyewa tempat makanan dan minuman, serta usaha lainnya juga sudah membuka gerainya untuk melayani kebutuhan para penumpang pesawat rute internasional ini, dan pengunjung terminal.

"Terminal 3 lnternasional menyediakan 17 parking stand untuk pesawat, di mana juga dapat mengakomodir hingga tiga pesawat berbadan lebar atau wide body Airbus A380," tutur dia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya