Kopi dan Mi Instan, Produk RI Paling Diminati China

Kopi.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional terus berupaya meningkatkan ekspor untuk menyeimbangkan neraca perdagangan Indonesia dengan Tiongkok. 

Neraca Perdagangan Januari Surplus, BI: Positif Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi RI

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Arlinda, mengatakan hasil forum bisnis produk makanan dan minuman (mamin), khususnya sesi one on one business meeting, dapat dimanfaatkan untuk membangun jejaring bisnis dengan pelaku usaha China. 

Tujuannya, menghasilkan kontrak bisnis baru. Kemudian, diharapkan dapat menyeimbangkan posisi neraca perdagangan Indonesia dengan China. 

Neraca Perdagangan RI Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi Indonesia

Acara itu sendiri telah berlangsung di Kemendag pada Selasa lalu. Arlinda menjelaskan produk mamin dipilih karena pada periode 2012-2016 ekspor produk makanan olahan Indonesia ke China menunjukkan tren positif yaitu 9,75 persen.

"Namun, masih diperlukan tindak lanjut setelah pertemuan bisnis tersebut utamanya, dalam hal kemasan dan negosiasi harga," kata Arlinda, Selasa, 25 April 2017.

Neraca Perdagangan Oktober Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi

Nilai ekspor makanan olahan Indonesia ke China pada 2016 sebesar US$1,1 miliar. Produk-produk Indonesia yang diminati buyers China di antaranya, adalah sarang burung walet, kopi, biskuit, makanan ringan, mi instan, serta santan kelapa instan. 

"Untuk ekspor makanan olahan terbesar Indonesia ke China di antaranya adalah rumput laut, wafel dan wafer, serta biskuit," ucapnya. 

Sementara itu, Kemendag mencatat China merupakan mitra dagang utama Indonesia. Total perdagangan kedua negara bernilai US$47,6 miliar. Ekspor nonmigas Indonesia ke RRT pada 2016 sebesar US$15,2 miliar, sedangkan impor nonmigas US$30,7 miliar. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya