Meski Dicaci, Sawit Penyumbang Besar Ekspor RI

Petani kelapa sawit.
Sumber :
  • ANTARA/Rony Muharrman

VIVA.co.id – Kepala Dewan Pengawas Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit Rusman Heriawan mengemukakan, kelapa sawit merupakan komoditas stategis yang banyak menyumbang terhadap ekonomi Indonesia. Peranan ekspor sawit terhadap total ekspor mencapai 12-14 persen.

Tantangan Masa Depan Industri Kelapa Sawit Indonesia yang Berkelanjutan

Hal itu dikemukakan Rusman dalam sharing session workshop media 'Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit, Sawit Indonesia, dan Perkembangannya', di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Selasa malam, 25 April 2017.

Rusman menjelaskan, ekspor produk sawit Indonesia mengalami peningkatan. Pada 2015, tercatat US$17,60 miliar. Angka itu naik pada 2016, yaitu menjadi US$17,73 miliar.

Elite Golkar Sebut Airlangga Beri Contoh Baik karena Kooperatif Diperiksa Kejaksaan Agung

Adapun volume ekspor produk sawit juga mengalami peningkatan. Pada 2015, total volume ekspor produk sawit mencapai 26,39 juta ton. Kemudian pada 2016, total volume ekspor produk sawit naik menjadi 28,26 juta ton.

"Sawit selalu jadi sorotan. Yang diangkat di Eropa hal-hal buruk soal sawit. Di Indonesia selalu diangkat keburukan dibanding kebaikan sawit. Padahal, sawit secara ekonomi banyak menyumbang terhadap perekonomian Indonesia," ujar Rusman.

Airlangga Akan Hadiri Klarifikasi Kasus CPO di Kejaksaan Agung

Jika melihat kebutuhan minyak dunia, menurut Rusman, sawit sudah on the track untuk membantu kekurangan vegetable oil. Pada tahun 2050, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) memperkirakan akan ada 9,6 miliar manusia di dunia. Pada saat itu diperkirakan kebutuhan akan vegetable oil mencapai 200 juta ton. 

Saat ini, Rusman mengungkapkan, industri sawit banyak mendapat tantangan dari dalam negeri dan masyarakat dunia. Di dalam negeri misalnya, masalah moratorium pembukaan lahan baru, kenaikan biaya produksi, kampanye negatif menjadi tantangan industri kelapa sawit.

Kecelakaan Truk Sawit di Tol Belmera, Sopir Tewas Minyak Diambil Warga

Kecelakaan Truk Sawit di Tol Belmera: Sopir Tewas, Minyak Dijarah Warga

Kecelakaan lalu lintas antara truk kontainer dengan truk bermuatan minyak sawit mentah terjadi di Tol Balmera, Kecamatan Medan Labuhan Senin, 27 November 2023.

img_title
VIVA.co.id
29 November 2023