Kesalahan Mengatur Keuangan yang Sering Dilakukan Wanita

wanita penggila belanja
Sumber :
  • inmagine

VIVA.co.id – Mengatur keuangan, memang bukan sesuatu hal yang mudah dilakukan baik oleh wanita, maupun pria. Bahkan, dapat dikatakan mengatur keuangan jauh lebih susah dibandingkan mendapatkannya. 

Marshanda Blak-blakan Ngaku Kesulitan Keuangan Hingga Ngutang untuk Pengobatan

Mengelola keuangan yang salah, malah akan menyebabkan pengeluaran menjadi tidak terkendali. Terutama, bagi wanita yang seringkali tergoda untuk membeli barang-barang keinginan mereka hingga terkadang tidak seimbang antara pengeluaran dan pemasukan mereka.

Lalu, apa saja kesalahan yang sering dilakukan wanita dalam mengelola keuangan? Berikut, penjelasannya dari Cermati.com.

Sempat Kesulitan Ekonomi, Jeje Slebew Blak-blakan Soal Keuangannya

1. Membiarkan orang lain mengelola keuangan

Wanita seringkali menjadi pengatur keuangan, terutama bagi mereka yang sudah menikah. Namun, beberapa wanita terkadang menyerahkan pengelolaan keuangan pada pasangan, atau orang lain yang lebih profesional. Hal ini, sebenarnya bukan menjadi masalah.

Jessica Iskandar Alami Masalah Keuangan, Begini Reaksi Nia Ramadhani

Namun, akan lebih baik, jika Anda mengelola keuangan rumah tangga sendiri, karena Anda yang lebih mengetahui kondisi keuangan rumah tangga Anda. 

2. Tidak memprioritaskan kebutuhan utama

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh wanita adalah membelanjakan uangnya tidak berdasarkan kebutuhan utama. Seringkali, wanita mudah tergoda untuk membeli barang-barang lainnya di luar kebutuhan utama. 

Apalagi, bagi wanita yang sudah memiliki anak, sudah menjadi kewajiban untuk mengutamakan kebutuhan anak. Namun, beberapa wanita terkadang terlalu mendukung keuangan anak meskipun sudah dewasa. 

Sehingga, tabungan hari tua anda berkurang setiap waktunya. Membantu anak memang bukanlah masalah, namun akan lebih baik jika anda hanya membantu sebisanya saja. 

3. Tidak mencatat pengeluaran

Kesalahan lainnya yang bisa dilakukan wanita adalah tidak mencatat pengeluaran sehari-hari, sehingga Anda tidak bisa mengevaluasi pengeluaran yang dilakukan setiap bulannya. Terutama, bagi wanita menikah yang juga bekerja, tentunya akan sangat sulit untuk melakukan hal-hal tersebut. 

Namun, catatan pengeluaran tersebut penting agar Anda bisa mengevaluasi pengeluaran dan bisa mengontrol pengeluaran mana yang bisa dihemat. 

4. Tidak mendiskusikan keuangan dengan pasangan

Meskipun Anda yang bertugas mengelola keuangan, namun bukan berarti Anda tidak mendisukiskan segala hal yang berkaitan dengan keuangan dengan pasangan. Anda harus tetap mendiskusikan segala hal, terutama yang berkaitan dengan keputusan-keputusan penting yang berkaitan dengan keuangan. 

Selain sebagai usaha untuk menghindari pertengkaran yang mungkin saja terjadi, diskusi tersebut bisa membantu mengelola keuangan menjadi lebih baik. 

5. Tidak berinvestasi

Meskipun pemasukan anda selalu lancar setiap bulannya, namun bukan berarti Anda tidak memikirkan tentang kehidupan masa pensiun. Investasi menjadi hal alternatif yang bisa dilakukan sebagai simpanan di masa tua ke depannya. 

Namun, beberapa wanita terkadang takut untuk memulai investasi, karena kurangnya informasi, takut akan penipuan, tidak bisa membagi waktu dan lainnya. Meskipun begitu, Anda tetap harus memikirkan investasi agar menjadi simpanan sewaktu-waktu jika dibutuhkan. Banyak investasi yang mudah dan tidak terlalu menyita waktu seperti perhiasan, emas batangan dan lainnya. 

6. Sering menggunakan kartu kredit

Kebiasaan buruk wanita yang dapat mengganggu keuangan adalah penggunaan kartu kredit. Sifat wanita yang terkadang tidak bisa mengatur segala keinginannya membuat penggunaan kartu kredit menjadi solusinya. Penggunaan kartu kredit, tentunya membuat Anda menimbun utang semakin banyak. 

Apalagi, jika penggunaan kartu kredit tidak bisa terkontrol, tentunya anda akan memiliki utang yang terus menerus membebani keuangan. 

7. Hanya mengelola keuangan jangka pendek

Mengelola keuangan bukan hanya digunakan untuk jangka pendek saja, namun juga perlu dipikirkan untuk kedepannya. Sehingga, segala sesuatu hal yang berkaitan dengan uang, tentunya harus Anda pikirkan dengan matang, karena akan berpengaruh pada masa depan nanti. 

Terkadang sebagian wanita hanya memikirkan keuangan untuk saat ini saja tanpa memikirkan untuk kebutuhan ke depannya. 

8. Lupa menabung

Kesalahan lain yang sering pula dilakukan adalah lupa untuk menabung, hal ini tidak hanya sering dilupakan oleh wanita saja namun pria juga. Kebiasaan menabung dari dini, akan sangat membantu kehidupan Anda ke depannya.

Bijak mengelola pengeluaran rumah tangga.

Kesalahan-kesalahan yang sudah dijelaskan di atas akan lebih baik, jika dihindari sejauh mungkin. Jangan mengelola keuangan secara asal tanpa melihat kondisi Anda dan rumah tangga. Pengelolaan keuangan yang tepat tentunya akan sangat berdampak ke depannya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya