Baru 66 Persen Wajib Pajak Lapor SPT

Kantor pajak pembayar pajak lapor SPT pajak
Sumber :
  • REUTERS/Fatima Elkarim

VIVA.co.id – Jumlah wajib pajak yang telah menyampaikan surat pemberitahuan tahunan pajak 2016 hingga 25 April 2017 sebanyak 10,93 juta wajib pajak. Jumlah itu sekitar 66 persen dari total wajib pajak yang wajib menyampaikan SPT sebanyak 16,59 juta wajib pajak. Saat ini, jumlah wajib pajak yang terdaftar di otoritas pajak mencapai 36,03 juta wajib pajak.

Jokowi Ajak Masyarakat Lapor SPT Pajak Tahunan Lewat e-Filing

Mayoritas terbesar wajib pajak yang menyampaikan SPT adalah kategori orang pribadi karyawan sebanyak 9,63 juta wajib pajak. Sementara itu, posisi kedua, adalah wajib pajak orang pribadi non karyawan sebanyak 983,2 ribu wajib pajak. Kemudian, wajib pajak badan sebanyak 322,4 ribu wajib pajak. 

"Dari 10,93 juta wajib pajak, yang lapor melalui e-filling sebanyak 8,71 juta wajib pajak atau 79,66 persen," ujar Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak Hestu Yoga Saksama dikutip melalui keterangan resmi, Jakarta, Kamis 27 April 2017.

Hari Terakhir, Baru 10,53 Juta Wajib Pajak yang Lapor SPT

Bagi wajib pajak yang telah berpartisipasi dalam program amnesti pajak, Ditjen Pajak mengimbau agar tidak lupa memasukkan harta dan utang yang telah diungkapkan pada surat pernyataan harta, beserta seluruh penghasilan yang diterima dari semua sumber.

Selain itu, ditambah hasil penggunaan harta, seperti penghasilan sewa, bunga, dividen, royalti dan sebagainya. Penghasilan yang diperoleh dari luar negeri pun wajib dilaporkan dengan pajak yang telah dibayar di negara asal penghasilan, yang akan menjadi kredit pajak di Indonesia.

Jokowi Lapor SPT Tahunan PPh secara Online

Ditjen Pajak pun mengimbau kepada seluruh wajib pajak, agar memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan, termasuk pembayaran pajak secara online melalui e-filling, dan pelaporan SPT secara elektronik melalui e-filling dan e-form. (art)

Seorang wajib pajak menunjukkan form aktivasi EFIN agar dapat melakukan pelaporan SPT Pajak Tahunan secara online di Kantor KPP Pratama Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jum'at, 22 Februari 2019.

Lagi Dapat Sorotan, Pelapor SPT Tahunan Wajib Pajak 2023 Malah Meningkat Drastis

Hal tersebut terbukti dengan adanya jumlah pelaporan SPT Tahunan yang terus mengalami peningkatan. 

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2023