Rusunami Ini Bisa Dicicil Rp1,2 Juta Per Bulan

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Agus Rahmat / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama dan meresmikan dimulainya pembangunan 6.000 unit rumah susun sederhana milik bernama Town@Serpong, di kawasan Tangerang Selatan, Banten.

Tukang Becak Bakal Dapat Rumah Gratis dari Pemerintah, Sarana-Prasarananya Lengkap

Rusunami yang dibanderol seharga Rp295 juta per unit ini merupakan hasil pembiayaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, dan dibangun oleh PT PP Tbk melalui anak usahanya, yakni PT PP Urban (PP Urban).

Jokowi berjanji akan melihat daya beli dari para pekerja dan masyarakat berpenghasilan rendah terhadap Rusunami Town@Serpong ini. Jika dianggap bagus maka ke depannya dia berjanji akan mendorong pihak BUMN, untuk kembali membangun hunian serupa.

Cara BTN Pastikan Genjot Pertumbuhan Bisnis Berkelanjutan

"Kalau pekerja mampu beli, maka saya akan dorong terus BUMN, baik itu BPJS atau PP, untuk terus membangun (yang semacam) ini," kata Jokowi di kawasan Tangerang Selatan, Banten, Jawa Barat, Kamis 27 April 2017.

Di hadapan para pekerja yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) yang juga turut hadir di acara groundbreaking tersebut, Jokowi menjelaskan jika uang muka dan cicilan per bulan dari Rusunami ini sudah dibuat dengan skema yang terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan para pekerja.

Sri Mulyani Siapkan Rp 175 Triliun Bantu Masyarakat untuk Punya Rumah, Ini Rinciannya

"Dengan harga Rp295 juta per unit, maka hanya dibutuhkan uang muka sebesar satu persen atau sekitar Rp 2,9 juta. Sedangkan, cicilannya hanya sekitar Rp1,2 juta per bulan," kata Jokowi disambut tepuk tangan dari para pekerja tersebut.

Diketahui, Rusunami Town@Serpong yang dikhususkan untuk para pekerja dan MBR di daerah Serpong, Tangerang Selatan, dan Banten ini, dilakukan PT PP Urban bekerjasama dengan PT Ruragraha (Bukit Sarua Development), di atas lahan seluas 8,5 hektare (ha).

Dengan konsep pengembangan superblok yang terdiri dari 11 menara rusunami beserta apartemen, kawasan ini juga memiliki perkantoran dan pusat ritel guna memenuhi kebutuhan harian masyarakat.

Dalam sembilan tower rusunami yang terdiri dari enam ribu unit itu, diperkirakan akan dapat menampung populasi sekitar 18.000 jiwa, dengan luas tiap unitnya adalah 30 meter persegi, dan terdiri dari dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, dan ruang keluarga.

Selain itu, PP Urban Town@Serpong ini juga dilengkapi dengan fasilitas umum dan sosial, seperti misalnya tempat penitipan anak para pekerja, playground, play group, serta fasilitas penunjang keseharian lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya