Darmin: 7-Eleven Dibeli Konglomerat, Bukti Ritel RI Dinamis

Logo mini market 7-Eleven.
Sumber :
  • Reuters/Stringer

VIVA.co.id – Anak usaha PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk, yaitu PT Charoen Pokphand Restu Indonesia, membeli bisnis restoran dan convenience store 7-Eleven dari PT Modern Sevel Indonesia (MSI). Hal tersebut menjadi sorotan berbagai pihak tidak terkecuali pemerintah.

Mendag: Indonesia Tidak Lagi Jadi Pasar Waralaba Asing

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengaku juga memantau perkembangan salah satu bisnis waralaba terbesar di Indonesia itu.

Sebagai informasi, bisnis 7-Eleven tengah merugi lantaran penjualannya yang menurun. Kerugian selama dua tahun terakhir membuat Modern Internasional menjualnya kepada PT Charoen Pokphand Restu Indonesia

25,8 Persen Bisnis Waralaba RI Sudah Pulih, Siap Ekspansi 2022

Darmin berpendapat, aksi korporasi tersebut telah menunjukkan potensi ritel di dalam negeri sangat besar. Namun, memang ada beberapa strategi bisnis yang perlu dievaluasi agar tidak turun.

"Sekarang Sevel (7-Eleven) dibeli pula oleh konglomerat. Bisnis ritel modern kita adalah salah satu perkembangan yang paling cepat di dunia. Luar biasa sekali," ujarnya di Gedung Bank Indonesia (BI), Jakarta, Kamis, 27 April 2017.

Menolak Beri Burger Gratis untuk Polisi, 19 Karyawan Restoran Ditahan

Lebih lanjut kata Darmin, aksi korporasi ini  merupakan sebuah kombinasi bisnis juga menginginkan transformasi struktural berjalan dengan kualitas terbaik.

Sebelumnya, 7-Eleven diketahui membutuhkan suntikan modal besar untuk mengembangkan segmen bisnis pada masa datang. Sampai September 2016 lalu, tercatat 166 gerai dan sepanjang tahun 2016, pihak 7-Eleven telah menutup sebanyak 25 gerai. (ren)

DPRD Serang lakukan sidak Minyak Goreng di salah satu waralaba.

Sidak Minyak Goreng, DPRD Serang Temukan Penimbunan di Gudang Waralaba

Dari enam toko waralaba yang disidak DPRD Serang ada tiga toko melakukan penyimpanan minyak goreng dan tidak di taruh di etalase toko.

img_title
VIVA.co.id
19 Februari 2022