Produsen Yakinkan Mendag Komitmen HET ke Ritel Lancar

Ilustrasi minyak nabati
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, memastikan distribusi minyak lancar dari tingkat produsen sampai ke konsumen dengan aturan harga eceran tertinggi Rp11 ribu per liter ke ritel. 

Harga Bahan Pokok Meroket Tajam, Ini Langkah Disperindag ESDM Sumut

Manajer Hubungan Masyarakat Korporasi PT Mikie Oleo Nabati Industri, Rapolo Hutabarat, meyakinkan Menteri bahwa distribusi berjalan lancar dengan perhitungan produksi dan distribusi bisa sesuai HET Kemendag.

Perusahaan produsen minyak nasional itu baru mengirimkan pada hari ini sebanyak 72 ribu liter. Minyak baru disalurkan ke Indomaret, khusus memasok wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Mendag Zulhas Bakal Evaluasi Minyakita pada Akhir Februari

"Kami akan penuhi kewajiban kami dari Grup Musimas, satu juta liter. Hari ini tujuh puluh dua ribu liter disalurkan ke ritel Indomaret dari pabrik ini saja," ujar Rapolo di Bekasi pada Jumat, 28 April 2017.

Perusahaan masih menunggu pre-order (PO) dari ritel lain karena tidak bisa mengirim tanpa PO terlebih dahulu.

Ombudsman Minta Pemerintah Hapus HET Beras, Ini Alasannya

Sementara ini, stok minyak curah dalam tangki sebanyak 2.470 ton. Sedangkan di dalam kemasan premium dan sederhana, stoknya 1.017 ton. Kapasitas produksi kemasan sederhana saja ada 650 ribu liter per bulan. Jadi, kapasitas sekarang 1,800 dus per hari.

"Kapasitas gudang penyimpan 2.400 ton. Luas gudang 4.728 meter persegi. Luas lahan ada 13 hektare. Tenaga kerja yang terlibat 400 orang," ujarnya. (ren)

Harga beras melambung tinggi

HET Beras Premium Naik di Aceh hingga Papua, Simak Daftarnya

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, pemberlakuan sementara relaksasi HET beras premium ini guna menjaga stabilitas pasokan dan harga di tingkat konsumen.

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024