Langkah Mudah Agar Bisnis Waralaba Makanan Anda Sukses

Pameran usaha franchise atau waralaba
Sumber :

VIVA.co.id – Ingin memulai usaha namun belum punya ide bisnis? Franchise alias waralaba bisa jadi alternatif yang menarik. Dari sekian banyak jenis waralaba, franchise makanan bisa jadi pilihan Anda.

Katanya Begini Rahasia Orang Kaya Kelola Uang

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dari waralaba makanan. Pertama, Anda tak perlu mencari resep makanan yang layak dijual.

Kedua, Anda tidak perlu pusing memikirkan suplai bahan bakar, dan yang lebih menarik lagi Anda tak perlu pusing memikirkan konsep bisnis, karena semuanya sudah disiapkan oleh pemberi waralaba.

Instrumen Investasi Syariah yang Aman Bagi Muslim

Namun, jangan terburu-buru membeli waralaba. Sebab, bisnis satu ini juga memiliki banyak kendala dan tantangan. Agar Anda sukses ini langkah mudahnya seperti dikutip dari CekAja.com.

Cari merek yang terkenal

Kegiatan Ekonomi yang Ternyata Dilarang dalam Islam

Jika ingin sukses, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari merek terkenal atau pemberi waralaba yang berkualitas. Sebelum mendapatkan pilihan, Anda wajib mengumpulkan informasi mengenai beberapa pemberi waralaba.

Setelah itu lakukan seleksi. Wawancara mereka yang sudah membeli waralaba sasaran Anda, dan cari tahu mengenai kelebihan dan kekurangannya.

Mengapa sebaiknya memilih merek terkenal? Keuntungannya karena Anda tidak perlu repot lagi membangun reputasi dan pemberi waralaba berkualitas biasanya minim masalah.

Cari karyawan yang punya komitmen

Karyawan atau pekerja yang sering mengundurkan diri adalah masalah pelik dalam bisnis waralaba makanan. Bila tidak ada pekerja, tentu bisnis kita tidak akan jalan.

Sementara, pekerja yang terlalu sering keluar masuk juga bisa mengacaukan bisnis, karena Anda harus melakukan pelatihan dari awal. Nah, untuk menghindari masalah seperti ini ada baiknya Anda menyiapkan karyawan atau pekerja yang punya komitmen.

Sebaiknya cari pekerja yang mau tinggal di tempat kerja atau lokasi yang sudah Anda siapkan. Pilih juga karyawan yang Anda kenal latar belakangnya, sehingga meminimalkan risiko karyawan tidak serius atau membuat ulah di tempat kerja.

Cari lokasi strategis

Meski Anda menjual makanan, lokasi juga jadi faktor yang tak kalah penting. Untuk itu, lokasi jualan yang strategis wajib Anda miliki. Sebelum memutuskan menyewa lokasi, sebaiknya konsultasikan dulu pada pewaralaba.

Sebab, ada pemberi waralaba tertentu yang memiliki standar lokasi. Namun, standar yang dimaksud biasanya tidak akan jauh dari lokasi yang strategis dan mudah diakses, ramai dan memiliki lahan yang cukup untuk parkir dan berbisnis.

Ajukan pinjaman

Waralaba adalah bisnis yang tidak murah. Tidak hanya merogoh kocek untuk membeli waralaba, Anda juga harus membayar karyawan, dan sewa tempat, serta menyiapkan modal cadangan untuk antisipasi risiko dalam bisnis.

Bila Anda kekurangan modal, pinjaman usaha online bisa jadi alternatif yang memudahkan Anda. Cukup akses toko finansial digital yang Anda ketahui, dan pinjam tambahan modal usaha secara online.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya