Ini Penampakan Rumah DP Rp1 Juta Cicilan Rp800 Ribuan

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Terletak di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, terhampar komplek rumah murah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Komplek itu dinamakan Villa Kencana Cikarang yang dibangun di atas lahan seluas 105 hektare.

Viral Rumah Mpok Siti Dijual Murah Rp1 Juta, Ternyata Ini Alasannya!

Luas bangunan masing-masing unit adalah 25 meter persegi dengan luas lahan 60 meter persegi. Rumah ini pun dijual dengan harga per unit mulai dari Rp112 juta hingga Rp141 juta dengan uang muka (DP) satu persen dan ditujukan bagi pekerja industri di daerah Cikarang. 

Sore ini, Presiden Joko Widodo langsung meninjau kondisi rumah tersebut. Jokowi, mengecek kondisi rumah tersebut dengan didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, dan Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar. 

Dukung Insentif PPN, Ciputra Jual Rumah Rp133 Juta Secara Virtual

Jokowi pun sempat bercakap-cakap dengan beberapa masayarakat yang sudah menjadi pembeli rumah tersebut. Salah satunya adalah Nevi yang mengaku telah melakukan akad jual beli dengan pengembang. Jokowi pun bertanya, berapa cicilan yang harus dibayarkan sebulan. Dan apakah pembeli sanggup membayar cicilannya per bulan. 

"Gimana tiap bulan cara mencicilnya?," tanya Jokowi kepada Nevi. 

Simak Syarat Dapat Rumah Murah untuk Guru di Jawa Barat

Nevi pun menjawab, kini telah mencicil rumah itu senilai Rp800 ribu per bulan. Dia juga mengungkap bahwa suaminya saat ini memiliki penghasilan sebesar Rp3,5 juta Sebelumnya, ungkap Nevi, Ia membayar kontrakan dengan harga sebesar Rp500 ribu. 

"Kontrakan Rp500, jadi pilih ini dong. Berarti pengaturan (keuangan) nya enggak masalah?," tanya Mantan Gubernur DKI itu.

"Enggak masalah pak," jawab Nevi. 

Kamar utama rumah murah.

Kamar utama

Kendati demikian, Jokowi mengungkapkan memang rumah tersebut tidak memiliki dapur. Sehingga, pembeli bisa membangun dapur di lahan yang ada di belakang rumah.

"Nanti ke depan tambahi sendiri ya. Saya kira masyarakat dan pemilik-pemilik bisa mengatur keuangannya dengan baik. Gaji di atas Rp3 juta kalau dibayar perbulan Rp800 ribu cukup lah," ujar Jokowi.

Interior rumah murah

Kamar kedua 

Sebagai informasi, dengan luas bangunan 25 m2, hunian itu dilengkapi dengan satu kamar mandi, dua kamar tidur dan 1 ruang tamu sekaligus ruang makan. Pemilik yang membeli harus membangun dapur sendiri jika ingin memasak di rumah. 

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, bermitra dengan pengembang yaitu PT Arrayan Bekasi Development yang mematok target pembangunan sebanyak 8.749 unit.

Kamar mandi rumah murah.

Kamar mandi 

Hingga Maret 2017, Arrayan pun tercatat telah merealisasikan pembangunan 4.734 unit rumah di proyek perumahan Villa Kencana Cikarang. Kemudian, Bank BTN juga telah menyalurkan kredit kurang lebih senilai Rp500 miliar untuk proyek tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya