Yakin Beli Rumah dengan KPR? Simak Hal Ini Terlebih Dulu

Ilustrasi KPR
Sumber :
  • Rumahku.com

VIVA.co.id – Harga rumah semakin lama seperti semakin tidak wajar. Untuk di kota-kota besar, rumah yang berada di pinggiran kota saja memiliki harga ratusan juta untuk luas yang sempit. Dengan harga yang terus memuncak, sepertinya membeli rumah dengan cara tunai tidak mungkin lagi.

70 Tahun Beroperasi, BTN Sudah Salurkan Kredit Rp595,2 Triliun

Salah satu cara yang bisa diambil untuk membeli rumah adalah mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah pada pihak bank. Sebelum Anda yakin dengan keputusan membeli rumah secara KPR, berikut kelebihan dan kekurangan membeli rumah secara KPR yang harus Anda ketahui seperti dikutip dari Rumahku.com, Sabtu 6 Mei 2017.

Kelebihan membeli rumah dengan KPR

Pengajuan KPR BTN Kini Bisa Lewat Ponsel Pintar

1. Bisa disewakan untuk memperoleh uang. Bila tidak ingin membayar uang cicilan per bulan, Anda bisa menyewakan rumah pada orang lain. Dengan cara ini, Anda akan memperoleh uang sewa yang digunakan untuk pembayaran cicilan ke bank.

2. Uang cicilan bisa murah. Jangka waktu KPR bisa disesuaikan, sesuai dengan kemampuan kita. Jika Anda merasa keberatan dengan besarnya cicilan yang harus Anda bayar, Anda bisa memilih jangka yang lebih lama.

Cara Pilih KPR yang Cocok dengan Kondisi Dompet

3. Cicilan dapat meringankan pengeluaran. Apabila membeli secara tunai, Anda akan kehilangan uang dalam waktu singkat, bagi pengusaha kehilangan uang dalam jumlah yang besar mungkin akan memengaruhi peforma perusahaan. Sedangkan saat Anda membeli dengan bentuk KPR, modal usaha yang Anda miliki bisa tetap aman, dan Anda juga lebih ringan membayar cicilan rumah.

4. Tidak perlu siapkan dana yang besar. Dengan pembelian secara kredit, Anda tidak perlu menyiapkan dana berjumlah besar, bahkan menunggu selama bertahun-tahun lamanya juga tidak perlu. Anda hanya perlu melakukan pembayaran cicilan agar bisa memperoleh rumah. 

Kekurangan pembelian rumah secara KPR

1. Lama tenor dapat memengaruhi bunga. Jika semakin lama Anda mengambil jangka waktu cicilan, akan semakin besar juga bunga yang akan dibebankan pada Anda. Hal ini berdampak pada tingginya total pembayaran.

2. Risiko rumah disita. Apabila Anda berkomitmen membeli rumah menggunakan KPR, tidak ada alasan untuk tidak melakukan pembayaran cicilan. Padahal, keadaan ekonomi seseorang dapat berubah kapan saja.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya