TUTUP
TUTUP
BISNIS

Cara Jadi 'Recommended Seller' di Lapak Belanja Online

Jual-beli online mulai jadi tren di Indonesia.
Cara Jadi 'Recommended Seller' di Lapak Belanja Online
Ilustrasi penjualan online. (Ist.)

VIVA.co.id – Seiring pesatnya penetrasi Internet dan penggunaan media sosial, peluang bisnis online semakin menarik. Apalagi saat ini menjamur situs jual-beli online yang memudahkan penjual dan pembeli untuk bertransaksi secara maya. 

Bicara soal lapak online, banyak pengusaha yang sukses memanfaatkannya. Namun, tak sedikit pula yang kurang berhasil dan justru mendapatkan predikat sebagai penjual yang tidak direkomendasikan. 

Padahal, banyak keuntungan yang diperoleh jika Anda menyandang predikat penjual terbaik. Bila Anda tertarik menjadi pelapak online dan berminat sukses, berikut ini cara yang harus dilakukan seperti dikutip dari CekAja.com.
 
1. Jangan malas menjawab pertanyaan pelanggan

Situs jual-beli online biasanya dilengkapi dengan fitur yang memudahkan pembeli bertanya mengenao produk pada penjual. Jika Anda ingin mendapat predikat recommended seller, pastikan untuk selalu membalas pertanyaan pelanggan. 

Jawab hingga sejelas mungkin pertanyaan pelanggan dan berikan solusi bila mereka memiliki masalah. Dengan cara ini pelanggan akan puas dan tidak ragu memberikan bintang lima bagi lapak Anda. 

2. Jangan pernah jual barang yang tak sama dengan gambar

Gambar memainkan peran penting dalam jual-beli online. Alasannya karena pembeli tidak bisa melihat dan menyentuh langsung produk yang Anda jual. Sudah seharusnya Anda menggunakan gambar dengan kualitas baik agar menarik minat pembeli. 

Namun, jangan pernah menjual barang yang tak sama dengan yang Anda gunakan pada gambar. Bisa-bisa Anda malah dituding sebagai penipu yang menyesatkan pembeli. Agar pembeli makin puas, berikan juga deskripsi yang lengkap mengenai produk yang ingin Anda jual.

3. Kirim barang secepat mungkin

Jangan pernah terlambat mengirim barang karena hal itu bisa membuat pembeli tak puas. Untuk menghindari keterlambatan upayakan untuk mengirim barang di hari yang sama ketika konsumen mentransfer uang. 

4. Buat kemasan yang aman

Kita memang tak bisa menghindari kerusakan barang akibat buruknya jasa kurir. Tapi, setidaknya kita punya usaha untuk mencegah hal itu terjadi. Konsumen yang cerdas dapat melihat hal ini. 

Karena itu selalu kemas barang jualan Anda secara rapi. Buat juga kemasan yang aman dan melindungi barang dengan maksimal. Dengan cara ini pelanggan akan puas terhadap layanan Anda. 

5. Berani terima kritik

Jangan defensif terhadap masukan pelanggan meskipun hal itu berbau kritik pedas. Sebab, bisa jadi masukan tersebut justru dapat membuat layanan dan kualitas bisnis Anda semakin baik. 

Bahkan bila perlu kirimkan kuesioner berhadiah pada setiap produk yang Anda kirimkan. Dengan kuesioner itu pelanggan bisa memberikan masukan yang sangat berharga. (ren)


 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP