TUTUP
TUTUP
BISNIS

Jadi Kaya dari Bisnis Antar Barang, Begini Caranya

Salah satunya, belajar dari kegagalan. Jangan menyerah.
Jadi Kaya dari Bisnis Antar Barang, Begini Caranya
Ilustrasi jasa pengiriman barang. (VIVA.co.id/M. Ali. Wafa)

VIVA.co.id – Usaha jasa angkut barang merupakan salah satu jenis usaha yang cukup marak peminatnya. Biasanya jasa ini dibutuhkan oleh orang yang tidak memiliki kendaraan cukup besar untuk memuat barang bawaan mereka, seperti pada saat merenovasi rumah, pindah tempat tinggal atau tempat kerja, atau pada saat membeli barang dalam kuantitas besar.

Salah satu modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini adalah kendaraan besar, biaya gaji untuk karyawan serta supir dan kantor atau pusat operasional perusahaan. Dengan modal yang cukup banyak tersebut, tentunya tidak ada yang ingin mengalami kerugian. 

Untuk menjalankan usaha ini, terdapat beberapa tips yang dapat diikuti agar mendapatkan keuntungan yang besar. Berikut adalah beberapa tips dari Cermati.com yang dapat dijalankan:

1. Melakukan promosi dengan tepat

Seringkali, keuntungan yang didapatkan bisnis tidak maksimal karena anda tidak mempromosikan bisnis tersebut dengan tepat. Misalnya ingin menawarkan jasa untuk jasa pindah rumah atau renovasi rumah, tetapi Anda menawarkannya pada lingkungan pabrik. Tentu saja target konsumen serta teknik pemasarannya tidak sesuai.

Perkenalkan jasa Anda sesuai dengan target konsumen yang diincar. Anda pun dapat memasang iklan di media masa setempat karena dengan fokus pada lokasi yang dekat dengan usaha, anda akan menghemat biaya dan lebih efisien.

Selain itu, manfaatkan kecanggihan teknologi dengan menggunakan internet untuk mempromosikan jasa Anda baik melalui sosial media atau pembuatan website resmi untuk bisnis. Cara ini akan menguntungkan karena selain biayanya murah, Anda pun dapat dengan cepat menawarkan jasa ini kepada banyak orang sekaligus.

2. Menjalin kerja sama dengan usaha sejenis

Walaupun adanya usaha sejenis berarti kompetitor, Anda dapat memanfaatkan kelebihan yang dimiliki oleh kompetitor dengan bekerja sama dengan usaha tersebut. Contohnya, jika mereka memiliki pelanggan yang berbeda, dengan menjalin hubungan yang baik atau bahkan melakukan penggabungan bisnis baik dengan akuisisi atau penggabungan langsung, Anda dapat meningkatkan jasa yang ditawarkan. 

Jangan selalu beranggapan bahwa kompetitor adalah lawan, karena mungkin saja suatu hari, lawan tersebut akan menjadi kawan.

3. Melakukan kemitraan

Kemitraan dapat membantu mendapatkan keuntungan yang konsisten, walaupun biasanya toko-toko telah memiliki kendaraan pengiriman barang mereka sendiri, mungkin saja sewaktu-waktu mereka membutuhkan jasa Anda, contohnya pada saat seluruh kendaraan mereka terpakai atau ada kendaraan yang rusak.

Selain itu, Anda pun dapat bekerja sama dengan toko yang masih baru, ini akan menawarkan keuntungan untuk Anda dan toko tersebut. Toko tersebut tidak perlu menghabiskan biaya untuk membeli kendaraan besar dan dapat mengalokasikan ekstra dana untuk hal lainnya, sedangkan juga mendapatkan pelanggan tetap dengan biaya kerja sama yang murah.

Fokuskan jasa pada toko-toko yang menjual produk dalam ukuran besar atau banyak seperti toko mebel, toko elektronik, toko penjual barang grosir, toko besi dan lainnya.

4. Memberikan layanan maksimal

Bisnis jasa angkut barang sangat bergantung dengan pelanggannya. Seorang pelanggan yang puas dapat mendatangkan puluhan pelanggan lainnya. Walaupun penting untuk selalu mencari konsumen baru agar bisnis Anda dapat dikenal orang banyak, anda pun harus menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan yang terdahulu.

Berikan layanan yang terbaik untuk setiap konsumen agar mereka puas dengan jasa Anda. Banyak cara yang dapat Anda lakukan, misalnya dengan memberikan jaminan ganti rugi atas barang yang mereka kirimkan, atau dengan memberikan kompensasi atas keterlambatan pengiriman barang.

Karena pelanggan akan berhubungan langsung dengan karyawan administrasi anda, sebisa mungkin latihlah mereka agar dapat melakukan komunikasi yang efektif terhadap konsumen. 

Selain itu, selalu jadikan pelanggan sebagai prioritas utama bisnis anda. Dengan cara ini, tidak perlu takut dengan kompetitor atau bahkan pasar yang mulai melemah karena kualitas jasa anda adalah yang terbaik.

5.Belajar dari kegagalan

Jika pernah mengalami kegagalan atau kendala dalam menjalankan bisnis ini, jangan langsung menyerah. Cobalah untuk bangkit dari kegagalan tersebut dengan belajar dari kesalahan serta melakukan perbaikan. Selamat mencoba. (ren)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP