Gaji Tinggi Tapi Susah Nabung, Ini Kesalahan Anda

Ilustrasi mengelola keuangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sifat dasar seorang manusia adalah tidak pernah puas, sama halnya dengan seseorang yang telah mendapatkan gaji tinggi, tetapi selalu merasa bahwa kebutuhan mereka tidak terpenuhi dengan baik. Padahal bukan karena tingkat gaji yang rendah, melainkan kebiasaan keuangan yang buruk salah satunya adalah jarang menabung.

Marshanda Blak-blakan Ngaku Kesulitan Keuangan Hingga Ngutang untuk Pengobatan

Anda pasti sering menemui pegawai atau pengusaha yang menghasilkan lebih banyak dibandingkan teman sepantarannya, tetapi hanya memiliki rekening kosong. Bahkan, masih ada dari mereka yang meminjam uang. Berikut analisa Cermati.com, lima kesalahan yang mungkin dilakukan oleh orang tersebut:

1.Pengeluaran berlebihan

Sempat Kesulitan Ekonomi, Jeje Slebew Blak-blakan Soal Keuangannya

Terkadang, mendapatkan gaji yang tinggi identik dengan berbelanja lebih banyak, lebih mewah dan lebih mahal. Padahal cara berpikir ini adalah cara berpikir yang salah. Melakukan pengeluaran berdasarkan kebutuhan dan bukan keinginan adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap orang, baik dengan gaji rendah maupun gaji yang tinggi.

Cara berpikir yang menganggap boleh berbelanja lebih banyak karena 'kaya' dan mempunyai uang lebih banyak dibandingkan dengan rata-rata orang sepantaran anda adalah salah. Seharusnya anda berpikir bahwa anda dapat menabung lebih banyak sehingga kondisi finansial akan lebih stabil.

Jessica Iskandar Alami Masalah Keuangan, Begini Reaksi Nia Ramadhani

2. Tidak mempunyai kesadaran untuk menabung

Tanpa adanya kesadaran menabung, seseorang tidak akan mempunyai motivasi untuk menabung. Banyak hal yang menyebabkan seseorang tidak memiliki kesadaran tersebut, ada yang dikarenakan mereka tidak dididik untuk menabung dari usia dini sehingga mereka tidak terbiasa, atau mereka tidak menganggap tabungan penting untuk hidup mereka.

Banyak orang yang melupakan masa depan mereka karena mereka terlalu nyaman dengan posisi dan tingkat kesejahteraan yang mereka miliki sekarang. Padahal tanpa disadari, waktu berjalan sangat cepat dan kesehatan serta energi Anda akan berkurang. Untuk itu, sebaiknya miliki kesadaran untuk menabung sedini mungkin.

3. Gaya hidup yang tidak sehat

Gaya hidup yang tidak sehat bukanlah hanya berhubungan dengan kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan keuangan. Gaya hidup keuangan yang tidak sehat adalah gaya hidup boros dan berbelanja sesuka hati. Banyak yang berpikir untuk bersenang-senang saja apalagi usia masih muda.

Gaya hidup seperti ini memang menyenangkan pada saat usia muda, tetapi hidup akan sengsara nantinya. Gaji yang tinggi seharusnya memberikan anda peluang dan kesempatan yang lebih besar untuk menabung. Perbaikilah gaya hidup Anda sehingga dapat menikmati hidup lebih baik sekarang maupun nantinya.

4. Tidak mempunyai tujuan investasi yang jelas

Tujuan investasi dibutuhkan agar Anda memiliki target sehingga arah tujuan menabung menjadi jelas, dengan tujuan yang jelas, Anda pun akan memiliki motivasi yang kuat untuk menabung. Tujuan investasi setiap orang akan berbeda sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. 

Pastikan bahwa Anda mempunyai tujuan investasi yang jelas dan realistis, dengan begitu, penghasilan anda yang tinggi dapat membantu untuk mencapai tujuan investasi dengan lebih cepat.
Bagi seseorang yang telah berkeluarga, mungkin saja tujuan investasi anda menyangkut kesejahteraan keluarga, baik untuk membeli rumah, menyekolahkan anak hingga pendidikan tinggi. 

Sedangkan, bagi seseorang yang masih lajang, mungkin tujuan investasinya adalah membeli kendaraan, pensiun dini atau berlibur.

5. Menganggap segala sesuatunya akan selalu ada

Tidak ada yang kekal, untuk itu anda membutuhkan tabungan sebagai sumber dana darurat. Anda tidak tahu sampai kapan dapat terus bekerja, sampai kapan kesehatan akan menunjang pekerjaan dan hal lainnya. 

Pada saat hal tersebut terjadi, tentunya Anda tidak dapat menjadi seproduktif sekarang. Bayangkan jika seluruh uang habis untuk pengeluaran yang tidak penting.

Seharusnya gaji yang tinggi dapat memberikan Anda kesempatan untuk berinvestasi pada kebutuhan lainnya seperti mengambil asuransi, mengambil kuliah untuk menambah pengetahuan Anda sehingga karir akan lebih baik dan sebagainya. Tabungan di luar uang tunai seperti ini juga penting, sehingga anda tidak perlu khawatir dengan masa depan Anda.

Menabung sejak dini

Semakin cepat anda menyadari pentingnya menabung akan semakin baik untuk kondisi keuangan. Menabung merupakan cara yang baik untuk memenuhi kebutuhan di masa depan serta membantu anda mencapai kebebasan keuangan. Ubahlah gaya hidup anda dan menabunglah sedini mungkin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya