TUTUP
TUTUP
BISNIS

Sidak ke Pasar, Mendag Pastikan Harga Bawang Putih Turun

Dia pun mengecek persediaan bawang jelang Ramadan.
Sidak ke Pasar, Mendag Pastikan Harga Bawang Putih Turun
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita (Chandra Gian Asmara/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pada hari ini, Jumat 12 Mei 2017 melakukan inspeksi mendadak di Pasar Induk Keramat Jati, Jakarta Timur. Inspeksi ini bertujuan untuk memastikan sejumlah harga pangan strategis terkendali jelang bulan Ramadan.

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id di lokasi, Mendag datang pada pukul 15:20 WIB. Mengenakan kemeja putih dipadukan dengan celana hitam, Enggartiasto langsung  menuju ke jantung pasar untuk mengecek sejumlah komoditas pangan.

Pandangan Enggar pun tertuju pada salah seorang distributor bawang putih. Enggar menghampiri, dan bertanya mengenai harga bawang putih yang dalam beberapa pekan terakhir menjelang bulan Ramadan mengalami kenaikan yang cukup signifikan. 

"Berapa ini dijual, bu," tanya Enggar, sapaan akrab Enggartiasto kepada pedagang.

"Kami jual ke tetangga (pedagang lain) Rp34 ribu per kilogram. Sedangkan ke konsumen Rp36 ribu per kilogram," kata Srimpit, distributor bawang putih di pasar Keramat Jati. 

"Sudah turun ya bu?," kata Enggar melanjutkan.

"Sudah, pak. Tiga hari yang lalu itu ada kisaran Rp37-Rp38 ribu per kilogram. Itu dijual kepada konsumen," kata Srimpit menambahkan.

Bahkan, Enggar pun sempat mengecek ketersediaan bawang putih di cold storage. Berdasarkan pengakuan distributor, stok bawang putih masih relatif aman, karena baru saja datang dari China. Dari sisi harga, pun bervariasi tergantung dari jenis bawang putih yang diperjual belikan. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP