TUTUP
TUTUP
BISNIS

Tips Persiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Bermanfaat jika masa pensiun datang lebih awal.
Tips Persiapkan Dana Pensiun Sejak Dini
Anda bisa merencanakan agar Anda pensiun dengan tenang.

VIVA.co.id – Tentunya setiap orang akan mengalami masa pensiun, masa di mana kondisi fisik tidak akan kuat lagi untuk bekerja dan menghasilkan pemasukan. Pada masa pensiun tentunya kondisi keuangan tidak akan sama lagi dengan sebelumnya, karena pemasukan yang ada semakin berkurang. 

Beberapa perusahaan mungkin akan memberikan tunjangan pensiun dan sebagian lainnya mungkin tidak. Untuk itu, akan lebih jika Anda mempersiapkan masa pensiun dengan menabung untuk dana pensiun. 

Mempersiapkan tabungan pensiun tidak hanya dilakukan ketika akan pensiun. Tapi sebaiknya persiapkan dana pensiun tersebut ketika masih muda. Dengan begitu jumlah tabungan pensiun yang dikumpulkan akan maksimal. 

Tabungan ini juga sangat bermanfaat jika masa pensiun datang lebih awal dari perkiraan. Lalu, bagaimana cara menyiapkan tabungan pensiun sejak dini? Berikut ini tips Cermati.com yang bisa dilakukan.

1. Buat tabungan khusus

Bila merasa kesusahan untuk menyimpan tabungan pensiun, Anda bisa membuat tabungan khusus untuk menyimpan tabungan pensiun ini. Tabungan khusus ini tidak dicampurkan dengan dana-dana lainnya, sehingga khusus digunakan untuk menyimpan dana pensiun saja. 

Anda bisa menyisihkan setidaknya 10 persen dari pemasukan untuk dimasukkan ke dalam tabungan pensiun, namun Anda bisa menyesuaikan jumlahnya dengan pemasukan serta kebutuhan. Semakin besar jumlah tabungan Anda, maka akan semakin banyak simpanan yang dimiliki. 

2. Mengikuti program dana pensiun 

Bila kesusahan untuk menyimpan dana pensiun, Anda bisa mengikuti program dana pensiun yang ada di bank. Saat ini banyak sekali bank yang menawarkan program penyimpanan dana pensiun bahkan iuran per bulannya pun sangat bervariatif mulai dari Rp50 ribu hingga dengan nominal yang tidak terbatas. 

Program ini tentunya akan sangat membantu Anda untuk menyiapkan tabungan pensiun dengan baik, terutama bagi yang tidak memiliki kontrol yang baik dalam masalah pengeluaran. Selain itu, program tabungan pensiun membantu Anda lebih disiplin dalam masalah keuangan. 

Biasanya pihak bank menggunakan sistem autodebet yang langsung memotong saldo di rekening untuk dimasukkan ke dalam tabungan pensiun. 

3. Menghapus utang-utang yang Anda miliki

Tidak hanya mulai menabung, Anda juga harus mulai melunasi utang-utang yang dimiliki mulai dari cicilan hingga utang pada pihak-pihak tertentu. Lunasi utang yang memiliki bunga besar terlebih dahulu agar tak membebankan Anda ke depannya. 

Namun, jangan sampai membayar utang-utang dengan dana pinjaman. Bila utang-utang ini telah lunas ketika masa pensiun, tentunya masa pensiun Anda akan lebih damai dan tidak terganggu dengan tagihan-tagihan yang ada. 

4. Berinventasi

Selain menabung, Anda juga dapat berinvestasi untuk menyiapkan dana pensiun. Investasi juga dapat menjadi peluang untuk mengatasi keuangan di masa pensiun mendatang. 

Saat ini banyak sekali jenis investasi yang bisa dipilih mulai dari saham, bangunan, properti, emas dan masih banyak lainnya. 

Namun, sebelum melakukan investasi, pastikan jika jenis investasi yang dipilih sesuai dengan kondisi finansial. Nantinya ketika berinvestasi, tidak akan mengganggu keuangan bahkan membuat Anda menjadi berutang ke mana-mana. 

Berhati-hati lah dalam memilih jenis investasi yang dilakukan. Pelajari terlebih dahulu setiap kelemahan dan kelebihan pada investasi tersebut. 

5. Memulai bisnis sampingan

Untuk membantu menambah pemasukan selama masa pensiun, Anda bisa memulai untuk membuat bisnis sampingan. Anda bisa memulai sedari dini dalam skala yang kecil terlebih dahulu. 

Nantinya jika masa pensiun telah datang, bisnis yang dirintis sudah mulai berkembang. Anda bisa membuka usaha sesuai dengan kemampuan yang dimiliki ataupun sesuai dengan tren saat ini. 

Bila tidak memiliki waktu untuk berbisnis, Anda bisa menjalankannya pada waktu-waktu tertentu. Yang pasti jangan sampai bisnis yang dijalankan mengganggu pekerjaan utama Anda. 

Persiapkan dana pensiun sejak dini

Meskipun masa pensiun biasanya datang ketika berumur 50-60 tahun, akan lebih baik jika Anda mempersiapkan dana pensiun sedari masih muda. Hal ini dikarenakan Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi ke depannya, sehingga perlu mempersiapkan sejak dini. 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP