Mudik Lebaran 2009

Arus Mudik TKI Capai Puncak Hari Ini

VIVAnews - Arus mudik Lebaran kali ini juga memadati Terminal 2D Bandara Soekarno Hatta khusus kepulangan TKI. Sama halnya dengan arus mudik domestik, kepulangan TKI ke Indonesia juga diperkirakan mencapai puncaknya hari ini.

"Rata-rata per hari bisa mencapai 1.000 orang dan diperkirakan hari ini lebih dari itu," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno di sela-sela kunjungan ke Terminal 2 D Lounge TKI Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Jumat, 18 September 2009.

Erman menjelaskan, TKI mudik Lebaran tahun ini relatif lebih banyak dibandingkan tahun lalu karena bertepatan dengan selesainya periode kontrak TKI.

"Selain itu, karena berdasarkan pembicaraan bilateral dengan negara-negara penempatan, sudah ada bukti bahwa majikan punya kewajiban untuk memberikan hak cuti," kata dia.

Banyaknya TKI yang pulang juga ditengarai karena kemudahan untuk pulang, berupa dihapuskannya keperluan rekomendasi dari KJRI agar TKI pulang.

Kepala Bidang Operasi Bandara Soekarno Hatta sekaligus Ketua Posko Lebaran Jaya Tahoma Sirait memperkirakan puncak mudik untuk TKI hari ini bisa mencapai 1.200 orang. Rata-rata per hari bisa mencapai 800 TKI.

Jaya menjelaskan, menjelang Lebaran terjadi kenaikan sebanyak 8 persen dibandingkan hari-hari reguler.

"Terbanyak dari negara-negara Timur Tengah seperti Saudi Arabia dan Yaman, juga dari Malaysia," kata dia.

Cha Eun Woo Nyanyikan Lagu-Lagu Album Entity Saat Fan Concert di Jakarta
Menlu Iran Hossein Amir-Abdollahian (Doc: AP Photo)

Bantu Israel Tahan Serangan Teheran, Menlu Iran Temui Menlu Yordania

Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran, Hossein Amir-Abdollahian bertemu dengan Menlu Yordania, Ayman Safadi, pada Kamis, 18 April 2024, di New York.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024