TUTUP
TUTUP
BISNIS

Tips Jitu Ajukan KTA Secara Online

KTA jadi pilihan pembiayaan cepat.
Tips Jitu Ajukan KTA Secara Online
Ilustrasi utang. (Pixabay)

VIVA.co.id – Seiring dengan berjalannya waktu, banyak sekali produk-produk keluaran Bank yang dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi masalah-masalah keuangan yang sering terjadi salah satunya yaitu KTA atau Kredit Tanpa Agunan. 

Jenis pembiayaan ini merupakan program peminjaman dari bank yang memberikan fasilitas kredit kepada nasabah tanpa adanya bebani yang memberatkan. Dengan kata lain jika meminjam uang di bank, maka Anda tidak perlu menggunakan jaminan untuk pinjaman tersebut. 

KTA menjadi solusi alternatif yang cukup instan bagi yang membutuhkan dana cepat tanpa proses yang rumit. Selain itu, program KTA ini juga memiliki banyak kemudahan yang menjadi keunggulan seperti, persyaratan pengajuannya mudah dan cepat.

Kemudian, tidak memerlukan agunan atau jaminan, pinjaman dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, periode cicilan pinjaman dapat disesuaikan mulai dari 12-60 bulan, adanya perlindungan asuransi, dan suku bunga tetap hingga kontrak kredit selesai. Selanjutnya, limit pinjaman cukup besar mencapai 300 juta rupiah dan hampir setiap bank menawarkan program KTA.

Keuntungan-keuntungan inilah yang membuat banyak orang memilih program KTA di saat sedang membutuhkan uang dengan cepat. 

Untuk mengajukan KTA, Anda bisa mengajukannya secara online. Berikut ini cara mengajukan KTA secara online yang dihimpun Cermati.com.

Memilih bank 

Pertama kali yang perlu dilakukan adalah mencari bank yang akan anda ajukan KTA. Beberapa situs-situs tertentu biasanya memberikan info mengenai perbandingan nilai bunga kredit bank. Hal yang harus diperhatikan adalah mengenai reputasi dari bank tersebut. 

Perhatikan dari jenis-jenis KTA yang ditawarkan hingga reputasi dari bank tersebut. Pilihlah bank yang memiliki review dan layanan terbaik. Hal ini untuk mendukung kenyamanan anda selama mengajukan KTA. Selain itu memilih bank yang tepat akan membuat anda merasa lebih aman.

Memenuhi persayaratan 

Setelah itu, Anda harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang diajukan pihak bank kepada pihak peminjam. Berikut beberapa syarat-syarat umum yang perlu anda penuhi:

- Beridentitas WNI dan berdomisili di Indonesia. 

- Umur minimum 21 tahun dan umur maksimum peminjam 55 tahun pada saat kredit lunas)

- Penghasilan minimum sekitar 2.5 juta rupiah (untuk wilayah Jabodetabek). Untuk wilayah lainnya memiliki aturan minimum yang berbeda. 

Setelah persyaratan-persyaratan tersebut dipenuhi, Anda bisa mengisi formulir pengajuan KTA yang berada di website-website resmi. 

Menyiapkan dokumen penunjang

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, program KTA merupakan program peminjaman yang tidak membebankan pihak peminjam untuk menjaminkan sesuatu miliknya. Namun bukan berarti pihak bank dapat dengan mudah menyetujui peminjaman Anda. 

Tentunya pihak bank akan melihat riwayat kehidupan calon peminjam dan beberapa hal-hal lainnya. Untuk itu, agar mendukung pengajuan peminjaman yang dilakukan maka anda harus menyiapkan beberapa dokumen penunjang, antara lain adalah:

- Fotokopi identitas diri (KTP/KK/Paspor/identitas lainnya)

- Fotokopi NPWP (bila nilai pinjaman di atas 50 juta)

- Fotokopi rekening tabungan (3 bulan terakhir)

- Surat keterangan gaji/slip gaji

- Tagihan kartu kredit (jika ada)

- Fotokopi SIUP, TDP, NPWP perusahaan (untuk wiraswasta/ perusahaan)

- Fotokopi surat izin praktik professional (bagi yang berprofesi sebagai pengacara, dokter, atau professional lainnya)

- Fotokopi laporan keuangan (bagi pinjaman perusahaan/ wiraswasta)
Selain memenuhi persyaratan dan dokumen-dokumen penunjang yang telah dijelaskan sebelumnya. 

Terlepas dari cara-cara tersebut, berikut ini ada beberapa tips yang dapat membuat pengajuan KTA disetujui. 

1. Memenuhi seluruh persyaratan pribadi yang diajukan pihak bank

2. Dokumen-dokumen penunjang lengkap dan asli.

3. Pastikan catatan kartu kredit yang anda miliki lancar.  

4. Untuk masalah profesi, bagi yang bekerja sebagai karyawan minimal sudah bekerja selama satu tahun dengan penghasilan minimal Rp5 juta. Untuk wiraswasta, setidaknya usaha atau bisnis yang dijalankan sudah berjalan minimal dua tahun. Dan untuk profesional, tempat praktik nya sudah memiliki akta yang sah secara hukum.

5. Bila memiliki utang, sebaiknya jangan melebihi dari 30 persen pemasukan Anda.

6. Nomor telepon yang anda berikan kepada pihak bank harus selalu aktif

7. Pastikan proses verifikasi data berjalan lancar

Bagi yang tertarik dengan KTA, anda bisa memenuhi persyaratan dan dokumen yang diminta oleh pihak bank. Dengan adanya KTA, anda bisa mendapatkan pinjaman uang tanpa jaminan serta mudah dan cepat. 

Tentunya pinjaman tersebut harus dimanfaatkan untuk hal-hal yang penting seperti pendidikan, bisnis, dan lainnya.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP