TUTUP
TUTUP
BISNIS

Bandara Baru Yogyakarta Dilengkapi Jalur Kereta dan Tol

Pembangunannya ditargetkan selesai 2019.
Bandara Baru Yogyakarta Dilengkapi Jalur Kereta dan Tol
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (VIVA.co.id/M. Ali. Wafa)

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menegaskan pembangunan jalan tol yang menghubungkan dengan bandara baru New Yogyakarta International Airport atau NYIA dan jalur rel kereta api akan selesai berbarengan. Pemerintah menargerkan bandara itu sudah beroperasi pada 2019. 

"Ketika bandara selesai dibangun dan siap dioperasionalkan, maka jalan tol dan jalur kereta api yang menghubungkan dengan bandara juga selesai dibangun," kata Budi Karya di Yogyakarta, Kamis malam, 18 Mei 2017.

Terkait keinginan DPRD Yogyakarta dan masyarakat yang akan terpinggirkan dengan keberadaan jalan tol, sehingga memilih memaksimalkan keberadaan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Jawa. Budi mengatakan, hal itu akan dimusyawarahkan untuk mendapatkan solusi terbaik.

"Ya kalau ada pihak yang kurang setuju, tentu kita akan berdialog terlebih dahulu," ujarnya.

Budi mengatakan, salah satu solusi yang bisa dilakukan dengan memberi tempat para pedagang di tempat istirahat di tol. 

"Bisa pula masyarakat yang berdagang diberi akses untuk berjualan di rest area tol, sehingga ekonomi mereka tidak terganggu bahkan mungkin meningkat," ucapnya.

Keberadaan jalan tol sendiri, kata Budi, bisa mendorong kunjungan wisatawan asing meningkat karena akses menuju objek wisata bisa lebih cepat.

"Tentu kalau banyak wisata mancanegara yang datang maka devisa akan naik. Perekonomian masyarakat juga terdongkrak," ujarnya. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP