TUTUP
TUTUP
BISNIS

Tips Berkebun di Apartemen

Masalah lahan bisa disiasati.
Tips Berkebun di Apartemen
Bangunan apartemen di kawasan Kemayoran, Jakarta (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

VIVA.co.id – Hidup di apartemen dengan lahan yang lebih terbatas, tidak boleh membuat Anda berhenti berkebun. Sebab, hobi itu tidak selalu memerlukan lahan yang luas contohnya di halaman rumah.

Anda dapat menggunakan beberapa bagian apartemen untuk area menanam. Terdapat beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan kebun pada area yang sempit. Berikut beberapa tips dari Rumahku.com untuk menyulap apartemen menjadi lahan berkebun.

1. Media tanam

Karena keterbatasan lahan, Anda harus lebih kreatif untuk memanfaatkan lahan sebagai sebuah media tanam, terdapat beberapa media tanam yang bisa Anda pilih seperti:

- Pipa panjang. Pergunakan pipa dengan diameter minimal sebesar 7,5 cm. Mengapa memilih pipa? Pipa memiliki bentuk yang lebih ringkas, sehingga bisa memudahkan Anda untuk meletakkannya di sudut ruang,

- Menggunakan pot. Anda bisa menggunakan pot dengan diameter minimal 17 cm untuk area tanamnya, entah sayuran, tanaman dengan daun cantik atau daun indah. Agar lebih menarik, Anda bisa membuat pot sendiri dengan menggunakan kaleng bekas atau pun botol bekas minuman.

2. Ketahui besarnya kapasitas sinar Matahari

Sebelum melakukan pembelian tanaman untuk berkebun, Anda harus mengetahui terlebih dulu seberapa besar jumlah sinar Matahari yang akan masuk di ruang apartemen. Upaya ini penting untuk pemilihan jenis tanaman yang sesuai dengan kondisi ruang, sehingga dapat bertahan lama.

3. Pilih tanaman dengan tepat

Lebih baik Anda memilih tanaman yang sesuai dengan kondisi. Bila apartemen memperoleh banyak sinar Matahari, Anda bisa memilih jenis tanaman yang bisa bertahan pada panas. Namun, bila apartemen jarang terkena sinar Matahari, lebih baik Anda memilih tanaman yang bisa hidup dalam ruangan seperti lidah mertua, lidah buaya, dan yang lainnya. 

Selain itu pilih tanaman yang tidak tumbuh besar. Ruang apartemen sudah sempit, jangan menambah sempit ruangan dengan memilih tanaman yang besar.

4. Gunakan balkon

Gunakan area balkon yang kosong. Area balkon ini bisa Anda gunakan untuk berkebun. Anda bisa mengubah balkon yang biasanya berukuran 1,5 X 2 meter menjadi taman mungil yang lebih atraktif. Area balkon bisa ideal untuk berkebun karena paparan sinar Matahari yang cukup, sehingga di sana tanaman bisa berfotosintesis. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP