Jalan Tol Trans Jawa yang Bisa Dilalui Saat Mudik 2017

Tim pekerja sedang membangun salah satu ruas jalan tol Trans-Jawa.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan jalan tol saat Lebaran 2017 dapat beroperasi hingga Gringing, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Namun, jalan tersebut masih berfungsi secara fungsional. 

Mengintip Empat Ruas Tol yang Bakal Dijual Waskita pada 2020

Kepala BPJT, Herry Trisaputra Zuna, mengatakan, petugas yang bekerja terus mengupayakan agar seluruh tol Trans Jawa dapat tersambung sesuai target yaitu pada 2019. 

"Prosesnya yang bisa dilalui untuk Lebaran. Kalau jalur sampai Semarang itu, setidaknya bisa sampai Gringsing, Weleri. Tapi, itu masih fungsional," kata Herry saat dihubungi VIVA.co.id, Jumat 19 Mei 2017. 

Bikin Tugu Mirip Lambang PKI di Madiun, Begini Penjelasan Jasa Marga

Sementara itu, Herry mengungkapkan, untuk jalan tol yang tersambung dan beroperasi secara fungsional pada Lebaran tahun ini, masih sama dengan tahun lalu, yaitu sampai dengan Brebes timur.

"Kalau yang tersambung itu masih sama seperti sekarang sampai Brebes timur. Tapi dari Brebes bisa dilalui sampai Gringsing secara fungsional pada saat Lebaran," ujar dia. 

Segera Beroperasi, Tol Japek II Digratiskan Sampai Awal 2020

Ia menjelaskan, untuk penyambungan beberapa ruas jalan tol hingga Semarang, masih dalam proses pembangunan. Setidaknya ada beberapa ruas yang baru-baru ini sudah selesai.

"Yang sudah, ruas Bawen-Salatiga dan Semarang-Solo. Lalu, Kertosono-Mojokerto, itu pun belum bisa sekarang, (masih) fungsional. Harapannya tahun ini sudah bisa," kata dia.

Gerbang Tol Jatikarya 2, ruas jalan Tol Cimanggis-Cibitung.

Mulai Operasi, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Gratis Dua Pekan

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 memiliki panjang 2,75 kilometer yang hubungkan akses jalan Cibubur ke Tol Jagorawi.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2020