Menhub: Ganjil-Genap di Jalur Mudik Kemungkinan Besar Batal

Rapat koordinasi mudik Lebaran
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Masalah menahun ketika memasuki musim mudik Lebaran adalah kemacetan di sejumlah ruas jalan tol, seperti yang terjadi pada tahun lalu. Akhirnya muncul wacana penerapan ganjil-genap di jalan tol ruas jalur mudik.

Zona Merah, Macet Parah hingga Mengular ke Tol Tangerang-Merak

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan, wacana sistem ganjil-genap di jalan tol kemungkinan besar tidak dilaksanakan. Ada beberapa pertimbangan yang diambil oleh pemerintah dalam mengambil keputusan tersebut. 

"Seperti yang disampaikan Pak Luhut (pemimpin rapat koordinasi), kemungkinan besar kita tidak laksanakan, tapi akan kita finalisasi akhir minggu ini," kata Budi usai rapat koordinasi angkutan Lebaran, di kantornya, Selasa 23 Mei 2017. 

Mulai Operasi, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Gratis Dua Pekan

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu mengatakan, salah satu pertimbangannya adalah wilayah penerapannya yang memiliki cakupan cukup luas. Sehingga, akan memiliki risiko besar jika tidak tersosialisasi dengan baik. 

"Kalau masukan dari diskusi, ganjil-genap itu dilakukan pada waktu yang lama, dan tempatnya tertentu, ya seperti yang di Jakarta, lama dan tertentu, sehingga komunikasinya itu maksimal," ujar dia. 

Mengintip Empat Ruas Tol yang Bakal Dijual Waskita pada 2020

Jika nanti tidak tersosialisasi dengan baik, ujar dia, akan menimbulkan dampak yang lebih parah. Risiko ini yang tidak diinginkan oleh pemerintah untuk terjadi.

"Ini takut nanti tiba-tiba orang tidak terkomunikasi. Misalnya satu rombongan (terlanjur) masuk ke sana (tol), kan kasihan juga. Itu yang masukan dari diskusi, jadi ini yang akan kita finalisasi dulu," tutup dia. (one)
 

Macet Parah Jalur Pantura Rembang Pati

Macet Parah 30 KM di Jalur Pantura Rembang-Pati, Polisi Sampai Bagikan Makanan ke Sopir!

Banyak beredar video viral memperlihatkan pengendara hingga sopir truk yang terjebak dalam macet parah selama 20 jam di jalur Pantura Pati-Rembang. Polisi turun tangan.

img_title
VIVA.co.id
17 November 2023