Pesangon Freeport Rp2 Miliar, Luhut: Banyak yang Mau Keluar

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • M Nadlir

VIVA.co.id – Pemerintah mengatakan, pengurangan karyawan PT Freeport Indonesia telah melalui jalur perundingan yang baik. Salah satunya adalah sistem 'Golden Shake Hand', atau memberi pesangon yang sangat besar bagi pegawai yang mau mengundurkan diri

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, sejauh ini pemerintah telah melakukan perundingan dengan PT Freeport Indonesia. Tidak ada hambatan yang berarti, bahkan pesangon yang diberikan jumlahnya fantastis.

"Tadi malam pak Jonan (Menteri ESDM)  sudah melaporkan ke saya, sampai sekarang perundingan tidak ada hal yang luar biasa. Semua berjalan sesuai rencana," kata Luhut di kantornya, Selasa 23 Mei 2017. 

Viral Penampakan Masjid dan Gereja Berada di Kedalaman 1.760 Meter Perut Bumi

Dia mengatakan, sebagian dari karyawan itu berkenan melakukan pengunduran diri, lantaran tawaran dari Freeport yang cukup besar. Bahkan, cukup banyak dari karyawan yang melakukan mogok, bersedia keluar dari Freeport. 

"Kalau yang mogok itu, sebagian mau dikasih golden shake hand dalam rangka mengurangi pegawai. Dengan buruh, juga saya pikir ada program pengurangan pegawai dengan golden shake hand. Kalau enggak salah, satu orang Rp2 milliar," tutur dia. (asp)

Jokowi Kumpulkan Menteri Bahas Revisi PP Tambang hingga Perpanjangan Kontrak Freeport
Tambang terbuka Grasberg yang sudah digali PT Freeport Indonesia. Kini operasional Freeport fokus ke tambang bawah tanah.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

PT Freeport Indonesia (PTFI) menyetorkan sekitar Rp 3,35 triliun bagian daerah, atas keuntungan bersih PTFI di tahun 2023.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024