Jakarta Masuk Rangking 9 Kota Terpadat di Dunia

Kepadatan Kawasan Ibukota Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id – Selama berabad-abad manusia datang secara bersama dari sejumlah daerah ke kota-kota. Dan kegiatan urbanisasi tersebut seperti tidak akan melambat dalam waktu dekat.

Apakah Jakarta Masuk Daftar Kota Terpadat Dunia?

Ada berbagai alasan mengapa sejumlah besar orang memutuskan untuk tinggal di daerah perkotaan, dan sebagian besar orang tersebut faktanya sangat sederhana yaitu kota adalah tempat pekerjaannya.

Dikutip dari laman World Economic Forum, Rabu 24 Mei 2017, tercatat lebih dari setengah populasi dunia tinggal di perkotaan dan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) perkirakan porsi itu meningkat menjadi 66 persen pada 2050 dan 90 persennya meningkat di Asia dan Afrika.

9 Fakta Mencengangkan Bangladesh, Negara Terpadat Ke-8 di Dunia

Adapun kota yang paling padat penduduknya tahun ini, adalah Dhaka, Ibu Kota dari Bangladesh. Kota ini miliki kepadatan penduduk sebanyak 44.500 orang per kilometer persegi dan menjadi kota paling padat di planet ini.

Sementara itu, pada peringkat kedua ada Kota Mumbai di India dengan kepadatan penduduk sebesar 31.700 orang per kilometer persegi. Sedangkan Jakarta masuk peringkat kesembilan dengan kepadatan 9.600 orang per kilometer persegi.

10 Pulau Paling Padat di Dunia

Daftar kota terpadat dunia.

Berbagai alasan membuat kota ini menjadi yang terpadat di dunia tahun ini, salah satunya adalah faktor pekerjaan dan gaji yang lebih baik di kota dibandingkan pedesaan. Selain itu, faktor keamanan dan alam menjadi pemicunya.

Atas kondisi tersebut, wajar saja di beberapa kota terpadat tersebut muncul pemukiman kumuh dan jumlah penduduk termiskin dari seluruh negara ada di daerah itu yang tergambar dari kesulitan hidup masyarakat. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya