Elia Bakal Bikin Gemuk Struktur Hingga Pangkas Anak Usaha

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Elia Massa Manik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Struktur organisasi PT Pertamina, akan semakin gemuk dengan dibentuknya direktorat baru. Namun, Direktorat Perencanaan itu diklaim dapat meningkatkan kinerja perseroan. 

Gara-gara HTI Pertamina Rugi Rp11 Triliun, Cek Faktanya

Direktur Utama PT Pertamina, Elia Massa Manik mengungkapkan, pembentukan direktorat perencanaan merupakan hal yang penting untuk mengurus investasi hingga manajemen risiko. Selain itu, dalam sejarahnya, Pertamina disebut juga pernah memiliki direktur perencanaan.

"Mungkin, kita perlu direktur perencanaan. Mungkin, dia lebih bisa mengawasi proyek itu secara terintegrasi, jadi misalnya (urusan) investasi, dan risk management," kata Massa di kantor pusat Pertamina, Jakarta, Rabu 24 Mei 2017. 

Kisah Dokter Nova saat Ahok Hampir Meninggal di Penjara

Kendati demikian, pembentukan direktorat baru ini masih dalam kajian yang mendalam. Pembentukan unit kerja baru ini masuk dalam konsep restrukturisasi dan reorganisasi. 

"Sekarang adalah bagaimana kita melihat bagaimana mengintegrasikan. Dulu kan, Pertamina sudah ada itu. Pernah kan itu, baru kita kaji, kita lagi mengevaluasi, alternatif-alternatif itu," kata dia. 

Besok, Bos Pertamina Bongkar Kisah Nyata Ahok di Penjara

Pangkas anak usaha yang tak produktif

Selain melakukan penambahan direktorat baru, Elia juga berencana untuk memangkas anak usaha yang tidak produktif. 

Ia mengatakan, telah memberikan target kepada sejumlah anak usaha di bawah Pertamina. Konsekuensinya jika tidak tercapai, ada peluang besar untuk memangkas atau menggabungkan anak usaha lain. 

"Sekarang kan, saya kasih dulu waktu dia (anak usaha), bisa enggak (capai target)? Kalau dia enggak bisa, ya mungkin kita cari partner, dia yang nge-run. Kita fokus di-peak picture-nya. Misalnya, ngapain Pertamina punya perusahaan untungnya cuma Rp50 miliar ya kan? Coba kau pusing enggak kamu?" tutur dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya