Bayar Pensiun PNS dan Polri, Bank Mantap Terbitkan Obligasi

PNS Pegawai Pemerintah Kota Tangerang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Lucky R

VIVA.co.id – Guna memperbaiki struktur pendanaan jangka panjang, PT Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap) menerbitkan Obligasi Tahap I yang menargetkan perolehan dana sebesar Rp3 triliun dengan kupon berkisar 8,25 persen-9 persen.

Ratusan Ribu Ribu PNS Sudah Ikuti Uji Kompetensi dari BKN untuk Siap Pindah ke IKN

"Sebagai bank miliki perusahaan BUMN, Bank Mantap akan menerbitkan obligasi dengan target indikatif Rp3 triliun untuk mendukung pendanaan jangka panjang 15-20 tahun," kata Direktur Utama Bank Mantap, Josephus K Triprakoso, lewat keterangan resminya di Jakarta, Kamis, 25 Mei 2017.

Josephus mengatakan, penerbitan Obligasi Tahap I ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pendanaan untuk mendukung ketersediaan pembiayaan pensiunan PNS dan TNI/Polri. Selaku penjamin pelaksana emisi obligasi ini adalah Mandiri Sekuritas, BCA Sekuritas, Danareksa Sekuritas dan Bahana Sekuritas.

Menpan-RB Janji Angkat 2,3 Juta Tenaga Honorer: Tes Hanya Formalitas

Ia menjelaskan obligasi yang akan diterbitkan itu mendapatkan peringkat AA (idn) dari Fitch Ratings. Obligasi ini diterbitkan dalam dua seri, yakni Seri A bertenor tiga tahun dengan kupon 8,25-8,75 persen dan Seri B bertenor lima tahun dengan kupon di kisaran 8,5-9 persen.

Rencananya, penawaran awa obligasi tersebut di sepanjang 24 Mei 2017 hingga 8 Juni 2017, sedangkan penawaran umum diperkirakan pada 4 Juni-6 Juli 2017. Sehingga, pencatatan obligasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) bisa dilaksanakan pada 12 Juli 2017.

BRI Kembali Terbitkan Green Bond, Wujud Komitmen Pembiayaan Berkelanjutan

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bank Mantap, Paulus Endra mengungkapkan, pencarian likuiditas di pasar modal tersebut untuk mendorong pertumbuhan kredit di 2017 secara ekspansif. Hingga akhir April 2017, kata dia, penyaluran kredit Bank Mantap mencpai Rp6,61 triliun atau bertumbuh 191,44 persen (yoy).

Lebih lanjut dia menyebutkan, pertumbuhan kredit yang lebih tinggi dari perolehan Dana Pihak Ketiga (DPK) tersebut telah mendorong rasio pinjaman terhadap simpanan Bank Mantap per 30 April 2017 sebesar 90,02 persen. 
 

ilustrasi investasi, ilustrasi reksadana

Pemilu Lancar Digelar, Intip Prospek Investasi Reksa Dana dan Deposito

Di tengah gencarnya literasi keuangan, kini masyarakat memiliki banyak pilihan untuk menyimpan dana. Salah satunya investasi.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024