H-1 Puasa, Harga Bawang Putih Masih Rp65 Ribu

Bawang putih.
Sumber :

VIVA.co.id – Berbagai upaya yang dilakukan Kementerian Perdagangan maupun Kementerian Pertanian untuk mencegah kelangkaan dan lonjakan harga pangan belum sepenuhnya berhasil. 

Harga Bawang Putih Rp 60 Ribu di Sulteng, Jokowi: Ini yang Agak Mahal, tapi Secara Umum Baik

Hal itu dapat terlihat pada H-1 jelang bulan Ramadan. Di mana harga sejumlah komoditas pangan di tingkat pedagang sejauh ini belum bergerak turun.

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id di Pasar Kebayoran Lama, dan Pasar Bintaro Jaya Jumat 26 Mei 2017, harga bawang putih masih berada di kisaran Rp65 ribu per kilogram. Padahal, otoritas perdagangan beberapa waktu yang lalu telah menetapkan batasan penjualan bawang putih di kisaran Rp38 ribu per kilogram.

Daftar Harga Pangan 26 Maret 2024: Bawang, Daging Sapi, hingga Telur Ayam Naik

“Mau bagaimana lagi mas. Stoknya tidak pernah sampai. Ini stok lama. Stok baru belum sampai,” kata Misri, salah seorang pedagang di Pasar Kebayoran Lama saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Meskipun harga bawang putih masih relatif tinggi, namun harga bawang merah jelang puasa terpantau stabil, yakni di kisaran Rp30 ribu per kilogram. Sementara harga berbagai jenis cabai seperti cabai rawit merah, cabai rawit hijau, cabai besar merah, maupun cabai besar hijau, stabil di kisaran Rp25 ribu sampai dengan Rp56 ribu per kilogram.

Daftar Harga Pangan 21 Maret 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Naik

Sedangkan untuk harga daging sapi, tercatat sebesar Rp120 ribu per kilogram, atau naik dibandingkan kemarin yang hanya dijual sebesar Rp115 ribu rupiah. Kendati demikian, tak semua harga komoditas mengalami kenaikan. Beberapa bahan pokok lainnya seperti tomat dan kentang justru mengalami penurunan.

“Tomat di sini per kilogram Rp8 ribu, sudah turun dari yang sebelumnya Rp10 ribu. Kentang juga turun dari yang sebelumnya Rp18 ribu, menjadi Rp15 ribu per kilogram,” kata Rinto, salah seorang pedagang di Pasar Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

Berikut rincian harga komoditas pangan yang dijual di pasar Kebayoran Lama dan Bintaro Jaya :

- Daging sapi Rp120 ribu per kilogram
- Cabai Rawit Merah Rp56 ribu per kilogram
- Cabai Rawit Hijau Rp32 ribu per kilogram
- Cabai Besar Hijau Rp25 ribu per kilogram
- Cabai Besar Merah Rp25 ribu per kilogram
- Tomat Rp8 ribu per kilogram
- Kentang Rp15 ribu per kilogram
- Bawang Merah Rp30 ribu per kilogram
- Bawang Putih Rp65 ribu per kilogram

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya