Mudik, Tol Cisumdawu Bisa Dilalui Saat Kondisi Darurat  

Presiden Joko Widodo saat tinjau proyek jalan Tol Cisumdawu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Ruas tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang enam kilometer dioperasikan menjadi jalur alternatif arus mudik Lebaran 2017.

UKP Pancasila Bagi-bagi Penghargaan Mudik Lebaran

Ruas Cisumdawu yang masih dalam proyek pembangunan akan dibuka jika penumpukan kendaraan meningkat dan bencana alam terjadi di jalur mudik Cadas Pangeran Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

"Nanti kami akan fungsikan, masuk dari Tanjungsari- Pasar Rancakalong keluar di tunnel (terowongan sepanjang 472 meter)," ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat, Dedi Taufik di Gedung Sate Kota Bandung, Jumat 26 Mei 2017.

Sukses di Mudik Lebaran, Menhub Beri Penghargaan Kakorlantas

Menurut Dedi, aktivasi tol Cisumdawu menjadi opsional saja, dan itu bisa dilakukan jika arus lalu lintas saat mudik dalam kondisi darurat. Bahkan, para pemudik tidak dianjurkan menggunakan ruas enam kilometer itu. 

Ia menilai, tol Cisumdawu belum menjadi pilihan utama saat arus mudik tahun ini, karena sepanjang enam kilometer masih dalam kondisi sempit dan curam.

Kecelakaan Mudik Turun Buat Keuangan Jasa Raharja Aman

"Kami harus selektif untuk kendaraan yang melalui tol ini, angkutan bus agak riskan untuk lewat sana, kalau (angkutan) pribadi mungkin bisa," ujarnya.

Dedi menambahkan, infrastruktur pendukung rekayasa lalu lintas jalur Tol Cisumdawu saat ini tengah dipersiapkan untuk memastikan arus kendaraan masuk terseleksi.

"Kami akan survei dulu hari Senin ini dengan satker (satuan kerja) untuk melihat kondisi jalan, terus kami juga harus pastikan rambu-rambunya di situ," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya