BI: Redenominasi Rupiah Cocok Diterapkan Tahun Ini

Logo Bank Indonesia yang tertera di kantor Bank Indonesia di Jakarta.
Sumber :
  • Reuters/Iqro Rinaldi

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu Bank Indonesia menyatakan, situasi ekonomi tahun ini berjalan kondusif. Hal itu tercermin dari beberapa indikator perekonomian nasional. Gubernur BI Agus Martowardojo pun mengungkapkan bahwa pada masa kondusif penerapan kebijakan redenominasi atau penyederhanaan mata uang rupiah sangat mungkin dilakukan.

Viral Desain Redenominasi Rupiah, Ini Penjelasan BI

Meski demikian, implementasi kebijakan tersebut tetap membutuhkan waktu transisi. “Situasi ekonomi yang terjaga di 5,01 persen pada kuartal pertama tahun ini, dan inflasi yang rendah ini sudah cocok. Semua lebih baik sekarang, jadi saat yang tepat sekarang,” kata Agus, saat berbincang dengan awak media di kantornya, Jakarta, Senin malam, 29 Mei 2017.

Agus menjelaskan, implementasi redenominasi mata uang tersebut tentu tidak hanya akan meningkatkan reputasi perekonomian nasional di kancah internasional, namun juga bisa mampu menciptakan efisiensi. Apalagi, saat ini merupakan momentum tepat untuk mengimplementasikan hal tersebut.

Kulik Semua Tentang Redenominasi Rupiah Di Sini, Pengertian Hingga Dampaknya

Namun, ia menggarisbawahi bahwa implementasi penyederhanaan nilai tukar rupiah akan tetap bergantung pada Dewan Perwakilan Rakyat, sebagai eksekutor utama. Maka dari itu, Agus berharap Rancangan Undang-Undang Redenominasi bisa dipertimbangkan untuk dibahas lebih lanjut bersama dewan.

“Apalagi kebetulan, RUU Redenominasi hanya 18 pasal. Mungkin bisa menjadi pertimbangan,” katanya.

Penting untuk Diketahui, Perbedaan Redenominasi dan Sanering

Agus mengatakan, implementasi redenominasi pun nantinya memerlukan transisi setidaknya selama tujuh hingga delapan tahun ke depan. Sebab, penyederhanaan nilai tukar rupiah tentu secara otomatis akan mengubah secara garis besar harga-harga yang saat ini sudah beredar di pasaran.

“Karena kita sangat memahami (redenominasi) bukan pemotongan uang, tetapi menentukan ulang jumlah angka dari mata uang,” ujarnya.

Viral Desain Redenominasi Rupiah

Top Trending: Desain Redenominasi Rupiah, Bule di Bali Boncengan Tanpa Celana

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal Trending VIVA, Kamis 30 November 2023. Dari bule di bali boncengan sepeda motor tanpa celana sampai desain redenominasi uang rupiah.

img_title
VIVA.co.id
30 November 2023