Lima Pekerjaan Bergaji Tinggi Tapi Rendah Stres

Ilustrasi pengusaha.
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA.co.id – Selama ini kita berpikir bahwa tidak ada pekerjaan bergaji tinggi tapi memiliki tingkat stres yang rendah. Namun, setelah dilakukan pencarian, jenis pekerjaan tersebut banyak dijumpai di dunia.

Krisis Pekerja Terampil Meluas di Dunia, Teknologi Jadi 'Senjata'

Dilansir dari Business Insider, Selasa, 30 Mei 2017, untuk mencari jenis pekerjaan tersebut jaringan informasi pekerjaan O*NET membuka database Departemen Tenaga Kerja AS dan melihat data gaji dari Biro Statistik AS untuk tenaga kerja. 

Selain itu, O*NET juga menilai "toleransi stres" untuk setiap pekerjaan dalam skala dari nol sampai 100, di mana nilai yang lebih rendah memberi sinyal lebih sedikit tekanan namun secara keseluruhan tidak bebas stres. 

Kini Ada Wewangian Antimalas, Diklaim Bisa Dongkrak Produktivitas

Untuk menilai setiap pekerjaan, O*NET melihat seberapa sering pekerja menerima kritik dan menangani secara efektif stres kerja yang tinggi. Berikut lima pekerjaan dengan bayaran rata-rata US$70 ribu per tahun dan peringkat toleransi stres 71: 

1. Insinyur kimia

Ironis, Gaji BPIP Lebih Spesial Ketimbang Pegawai Non-PNS

Toleransi stres: 71 dan gaji rata-rata tahunan US$103.960 atau setara Rp1,38 miliar.

Pekerjaannya adalah merancang peralatan pabrik kimia dan merancang proses untuk memproduksi bahan kimia dan produk, seperti bensin, karet sintetis, plastik, deterjen, semen, kertas, dan pulp, dengan menerapkan prinsip dan teknologi kimia, fisika, dan teknik.

Persyaratan pendidikan: Sarjana.

2. Insinyur sipil

Toleransi stres: 71 dan gaji rata-rata tahunan US$87.940 atau setara Rp1,17 miliar.

Pekerjaannya adalah melakukan tugas teknik dalam merencanakan, merancang, dan mengawasi konstruksi dan pemeliharaan struktur bangunan, dan fasilitas, seperti jalan, rel kereta api, bandara, jembatan, pelabuhan, saluran, bendungan, proyek irigasi, jaringan pipa, pembangkit listrik, dan air serta sistem pembuangan limbah.

Persyaratan pendidikan: Sarjana.

3. Gigi hygienist

Toleransi stres: 71 dan gaji rata-rata tahunan US$72.720 atau setara Rp969,79 juta.

Pekerjaannya adalah bersihkan gigi dan periksa daerah mulut, kepala, dan leher untuk tanda-tanda penyakit mulut. Hal ini dilakukan untuk mendidik pasien tentang kebersihan mulut.

Persyaratan pendidikan: Sertifikat khusus

4. Ilmuwan medis

Toleransi stres: 71 dan gaji rata-rata tahunan US$79.370 atau setara Rp1,05 miliar.

Pekerjaannya adalah melakukan penelitian yang berkaitan dengan pemahaman tentang penyakit manusia dan peningkatan kesehatan manusia dengan melakukan penyelidikan klinis, penelitian dan pengembangan, atau kegiatan terkait lainnya.

Persyaratan pendidikan: Doktor atau gelar profesional.

5. Ahli mikrobiologi

Toleransi stres: 71 dan gaji rata-rata tahunan US$76.230 atau setara Rp1,01 miliar

Pekerjaannya adalah selidiki pertumbuhan, struktur, perkembangan, dan karakteristik organisme mikroskopik lainnya, seperti bakteri, alga, atau jamur, dan terkadang mempelajari hubungan antara organisme dan penyakit atau efek antibiotik pada mikro organisme.

Persyaratan pendidikan: Sarjana dan mungkin memerlukan gelar master atau Ph.D.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya