Pemerintah Jabar Sebar Posko Aduan THR

Buruh pabrik sedang menikmati makan siang
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Barat menyediakan posko pengaduan bagi pekerja yang tidak mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) yang tersebar luas di 27 Kabupaten Kota.

Heboh Kenaikan Tunjangan Direksi BPJS, Ini Penjelasan Kemenkeu

Kepala Disnakertrans Jawa Barat, Fery Sofwan mengatakan, kepada para perusahaan disarankan agar memberikan THR maksimal pada H-7 Lebaran. Fery menjelaskan, selain mengoptimalkan posko aduan, perusahaan akan disidak langsung oleh gubernur Jawa Barat. Ini guna memastikan apakah THR telah dibayarkan tepat waktu atau justru tidak dibayarkan.

"Mengecek apakah perusahaan membayarkan THR atau tidak," kata Fery, Kamis, 1 Juni 2017.

KSPSI Minta Pemerintah Tegas ke Perusahaan yang Belum Bayar THR

Selain itu, Disnakertrans Jawa Barat juga mengoptimalkan lima balai yang tersebar di Jawa Barat seperti Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bogor, Purwakarta, Cirebon, Priangan, dan Sub Balai Tasikmalaya.

Menurutnya, pengawasan terhadap perusahaan menjelang pencairan THR ini akan diawasi seperti pengawasan harga pangan di Pasar. Karena itu, Ferry meminta kepada seluruh pekerja agar tidak segan melaporkan jika tidak mendapatkan THR sampai pada batas waktu yang ditentukan.

Lima Tips Cerdas Kelola THR

"Jadi langsung melakukan pelaporan, jika perusahaan hingga batas akhir tidak membayarkan THR," katanya.

Seperti diketahui, dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 6/2016 Tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan, disebutkan kalau pembayaran THR bagi pekerja/buruh ini wajib diberikan sekali dalam setahun oleh perusahaan dan pembayarannya sesuai dengan hari keagamaan masing-masing serta dibayarkan selambat-lambatnya tujuh hari sebelum hari raya keagamaan.

THR

Pemerintah Peringatkan Pengusaha Wajib Bayarkan THR 2020

Pemberian THR telah ditetapkan di UU.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2020