18 Juni, Gerbang Tol Cibubur dan Cimanggis Setop Beroperasi

Kendaraan roda empat antre di tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (9/12/2016).
Sumber :
  • ANTARA/Yulius Satria Wijaya

VIVA.co.id – Gerbang Tol (GT) Cibubur dan GT Cimanggis akan setop beroperasi tanggal 18 Juni 2017 mendatang. Hal itu dikarenakan akan mulai diterapkannya perubahan sistem transaksi di Tol Jagorawi. Jika saat ini menggunakan sistem transaksi tertutup, nantinya akan menjadi sistem transaksi terbuka, di mana seluruh ruas dari Cawang-Ciawi dan sebaliknya dikenakan tarif merata dengan satu kali transaksi dalam satu wilayah operasi.

Pemerintah Resmi Setop Akses Tol dan Angkutan Umum di Jabodetabek

"Kami merencanakan di tanggal 18 Juni ini sudah tidak ada transaksi lagi di GT Cibubur dan Cimanggis," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna dalam diskusi di Galeri Nasional, Jakarta, Jumat, 2 Juni 2017. 

Saat ini tengah dilakukan persiapan pembangunan dedicated line atau jalur khusus di kedua gardu tol itu. "Ini kami evaluasi terus pembangunannya, dan bulan ini akan kami rilis," kata dia. 

Ada Pemeliharaan Jalan, Sejumlah Ruas Tol Dalam Kota Ditutup Sementara

Sebelumnya, PT Jasa Marga selaku operator jalan Tol Jagorawi akan membongkar Gerbang Tol Cibubur Utama dan GT Cimanggis Utama. Juru bicara perusahaan, Dwimawan Heru mengatakan, hal itu demi efisiensi waktu karena antrean cukup panjang biasa terjadi di kedua gerbang tol itu.

"Sebagai bagian dari implementasi perubahan sistem transaksi di Jalan Tol Jagorawi, dalam waktu dekat Jasa Marga akan membongkar Gerbang Tol Cibubur Utama dan Gerbang Tol Cimanggis Utama," kata Dwinawan, Rabu, 31 Mei 2017. 

Selama Asian Games, Rombongan Atlet Diprioritaskan di 12 Gerbang Tol

Nantinya, pengguna jalan tol dari arah Jakarta menuju Ciawi akan membayar tol di akses keluar, sedangkan pengguna jalan tol dari arah Ciawi menuju Jakarta akan membayar di akses masuk.

"Dengan diberlakukannya perubahan sistem transaksi ini, diharapkan pengguna Jalan Tol Jagorawi akan merasakan manfaatnya, yaitu efisiensi waktu transaksi di jalan tol, di mana proses transaksi lebih praktis, dari dua kali melakukan proses transaksi kini hanya menjadi satu kali transaksi," ujarnya. (ase)

Pesawat Cesna mendarat di jalan tol

Bikin Heboh, Pesawat Cessna Mendarat Darurat di Jalan Tol

Pesawat dikabarkan mendarat darurat karena kehabisan bahan bakar.

img_title
VIVA.co.id
10 September 2020