Uji Kelayakan, Heru Kristiyana Ingin OJK Lebih Kredibel

Panitia Seleksi DK OJK di Kementerian Keuangan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Romys Binekasri

VIVA.co.id – Komisi XI DPR RI menggelar uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test terhadap empat calon anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan. Heru Kristiyana, calon anggota dewan komisioner untuk kepala eksekutif Pengawas Perbankan menjadi kandidat pertama yang diuji. 

Bankir Ungkap Tantangan Bos OJK Terpilih

Heru yang mengawali kariernya di Bank Indonesia ini mengaku ingin OJK sebagai lembaga pengawas perbankan menjadi lebih aktif. Hal ini diyakininya akan menjadikan OJK lebih kredibel. 

"Kami ingin menjadikan lembaga pengawas perbankan lebih terkemuka, pengawasan yang mikro prudensial. Misinya kami ingin menjadikan lembaga ini aktif, sehingga OJK akan menjadi kredibel, dan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif," kata Heru.

Begini Serunya DPR Pilih Bos Baru Otoritas Jasa Keuangan

Ia menegaskan bahwa perbankan yang sehat merupakan kunci dari stabilitas ekonomi nasional. Menurut Heru, ada beberapa langkah yang ingin dilakukannya. Mulai dari memberikan pendidikan berkualitas bagi sumber daya manusia (SDM) untuk menjadi lebih kompeten, hingga memperbaiki infrastruktur perbankan yang diharapkan akan menciptakan perbankan yang sehat dan stabil. 

"Tentu ada tantangan ekonomi domestik dan risiko global, hingga adanya kemungkinan naiknya NPL (non performing loan)," ujar dia. 

Uji Kelayakan OJK, Arif Baharudin Tak Fokus Instrumen Saham

Heru mengatakan, risiko global yang perlu diwaspadai adalah normalisasi neraca The Fed hingga capital outflow. Sementara itu, untuk dalam negeri, inflasi berdasarkan administered price, seperti BBM dan listrik yang menjadi tantangan menyehatkan perbankan nasional dan mengurangi kredit macet.

"Perbankan tidak hanya menerima yang diperintahkan regulasi. Tapi, produk akan disesuaikan kemampuannya, sehingga masalah inklusi keuangan akan lebih bermanfaat, tidak hanya bersifat top down," kata dia.

Ketua DK OJK Terpilih, Wimboh Santoso

Bertemu Wimboh Cs, Pansel Bantah Bahas Susunan Baru DK OJK

Pertemuan berlangsung 1,5 jam

img_title
VIVA.co.id
19 Juni 2017