Bos Baru OJK Diminta Lebih Gesit Antisipasi Krisis Keuangan

Dewan Perwakilan Rakyat memutuskan untuk memilih Wimboh Santoso sebagai Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan periode 2017-2022.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat memutuskan untuk memilih Wimboh Santoso sebagai Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan periode 2017-2022. Keputusan tersebut, diambil secara aklamasi berdasarkan pemungutan suara yang dilakukan parlemen usai menggelar uji kelayakan dan kepatutan para calon DK OJK.

LPS Sebut Ada Bank Gagal, tapi Masih dalam Batas Normal

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan Halim Alamsyah berharap, pengalaman yang dimiliki pemimpin baru lembaga yang telah berdiri sejak 2011 itu mampu menjaga kerja sama yang positif antar otoritas di bidang keuangan nasional yang memang selama ini telah terjaga dengan baik.

“Karena kami (LPS) bersama (OJK) jadi anggota di KSSK (Komite Stabilitas Sistem Keuangan). Ini memerlukan koordinasi dan kerjasama yang baik. Baik di situasi normal, apalagi stress test atau krisis,” ujar Halim saat ditemui di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis 8 Juni 2017.

Anggota DPR Dukung Rencana Kemenkop UKM Bentuk LPS Koperasi

Halim menekankan pentingnya peranan OJK, terutama dalam menangani sektor keuangan nasional. Tidak hanya memberikan informasi antar sesama otoritas, namun juga bagaimana melakukan berbagai langkah jitu untuk mengantisipasi sejak awal persoalan yang ada apabila terjadi krisis keuangan.

“Jadi kerja sama ini bagaimana menjaga sistem keuangan, dan antisipasi yang dilakukan agar lebih krusial menjaga stabilitas sistem keuangan kita,” ujarnya. (ren)

LPS Pangkas Suku Bunga Penjaminan 25 Basis Poin
Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa.

LPS Pertimbangkan Hapus Premi Penjaminan, Ini Syaratnya

Berdasarkan undang-undang hal tersebut tidak dimungkinkan. Namun, LPS ada pertimbangan besar mekanisme itu bisa dilakukan.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2021