TUTUP
TUTUP
BISNIS

Tak Ingin Boros Saat di Supermarket, Yuk Lihat Trik Ini 

Di supermarket Anda hindari Troli karena bisa buat boros belanja.
Tak Ingin Boros Saat di Supermarket, Yuk Lihat Trik Ini 
Seorang warga sedang belanja di supermarket.  (REUTERS/Beawiharta)

VIVA.co.id – Apakah Anda sudah bisa berhemat selama ini? Terutama jika berbelanja di supermarket apakah bisa? Tentu saja tantangan bukan, terutama bagi para wanita yang berbelanja di supermarket dengan keuangan terbatas tentu saja akan kesulitan.
 
Namun jika tidak berhemat dana belanja akan “jebol” dan kekurangan. Jadi bagaimana berhemat ketika berbelanja di supermarket ? Berikut tips dan triknya, seperti dikutip dari Cermati.com, Jumat 9 Juni 2017.

1. Jangan tertipu merek

Ketika berbelanja di supermarket maka Anda akan disuguhkan barang yang sama dengan merek berbeda-beda. Jangan tertipu dengan merek yang ada di sana, karena kantong anda bisa jebol begitu saja. 

Mulailah membeli barang sesuai dengan yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan budget. Merek juga tidak selalu menentukan kualitas barang tersebut, kecuali Anda memang menentukan merek tertentu dan tidak bisa menggunakan sembarang barang. 

Misalnya ada banyak sekali shampo dengan merek yang berbeda, jika tidak memerlukan barang khusus maka beli saja dengan harga termurah yang jelas kebutuhan Anda terpenuhi untuk mandi.

2. Daftar belanjaan pasti

Meskipun sering gagal namun daftar belanja cukup efektif untuk mengurangi Anda dalam pemborosan ketika berbelanja. Di mana belanja dengan daftar bisa mengarahkan Anda ke tempat di mana anda ingin membeli kebutuhan saja, bukan pergi mengelilingi supermarket dan akhirnya malah berbelanja barang lainnya. 

Daftar belanja bisa menjadi pengingat barang apa saja yang sebenarnya dibutuhkan dan ingin dibeli. Jika harus membeli barang lainnya di luar daftar, setidaknya tidak akan melebihi batasan atau limit.

3. Jangan bawa troli

Troli merupakan tempat untuk membawa belanjaan, semua orang senang ketika berbelanja mereka membawa troli dan berjalan mengelilingi supermarket. Faktanya, jika Anda membawa trolly maka belanjaan yang akan dibawa semakin banyak. 

Karena melihat troli dengan ruang besar, maka Anda bersugesti untuk mengisinya menjadi lebih banyak dan melebihi batasannya. Maka dari itu, ketika ingin berbelanja dengan batasan yang sedikit bawalah troli kecil.

Selain itu, jika masih memungkinnya sebaiknya bisa ditenteng belanjaannya dan hal tersebut akan mengurangi kemungkinan Anda berbelanja. Tips ini bisa dimanfaatkan baik di supermarket atau di mini market saja.

4. Dengarkan musik cepat

Nyatanya penelitian mengatakan bahwa lagu pelan dapat membuat banyak orang
berbelanja lebih lama. Selain itu, musik lama juga menarik orang untuk bersantai dan
menikmati jalan-jalan di supermarket

Dengan demikian ketika berbelanja, jangan sampai menikmati supermarket, yang ada nantinya Anda malah terlena untuk berbelanja dan tidak jadi menghemat anggaran yang ada. 

Dengarkan musik dengan ritme atau tempo yang cepat agar kegiatan berbelanja cepat selesai, sehingga Anda selamat dari yang namanya boros.

5. Hindari promo bohong

Seringkali supermarket mengadakan kegiatan seperti promo bohong yang membuat Anda membeli barang hanya karena promo. Sayangnya, dengan promo bohong ini terkadang kita membeli barang yang tidak diinginkan. 

Untuk itu, cobalah cermati dengan baik apakah promo tersebut benar ada atau tidak. Jika sudah, telaah juga barang apa saja yang dikategorikan promo dan berapa banyak perbedaan dan keuntungan yang akan didapatkan.

6. Belanja sekaligus

Ketika berbelanja di supermarket janganlah berbelanja dengan ukuran sedikit. Perlu untuk membeli barang sekaligus seperti satu lusin atau kodi dalam satu atau dua bulan. 

Dengan begitu, harga akan lebih murah dan mendapatkan potongan harga. Untuk itu Anda juga tidak perlu berbelanja berulang-ulang karena sudah menyetok dengan barang yang banyak dalam satu waktu. 

Tak jarang juga dalam supermarket ketika membeli atau berbelanja dengan harga atau target belanja yang besar, maka Anda akan mendapatkan hadiah atau juga promo. Selain itu, membeli barang sedikit terkadang memiliki nominal atau harga cukup besar. (ren)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP