Menteri PUPR: Tol Fungsional di Jalur Mudik Rampung 15 Juni

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau pintu tol fungsional Kaligangsa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dusep Malik

VIVA.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan mengoperasikan jalan tol fungsional Brebes Timur-Weleri sepanjang 110 kilometer selama 24 jam, mulai H-10 Lebaran tahun ini atau 15 Juni 2017.

Keseruan Rayakan Bulan Kemerdekaan, Arakan Ondel-Ondel dalam Mal Hingga Kuliner Jalur Mudik!

Hingga saat ini, pembangunan jalan tol tersebut terus dikebut. Salah satunya jembatan kali Sambong di ruas tol tersebut. Jembatan sepanjang 110 meter itu berada di Kandeman, Kota Batang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan, jembatan ini adalah salah satu jembatan yang proses pengerjaannya cukup lama. 

Pemudik Meninggal Dunia di Jalur Gentong Tasikmalaya, Diduga Kelelahan

Menurut dia, dengan progres pembangunan yang dikerjakan selama 24 jam ke depan, jembatan ini akan bisa digunakan tepat waktu yaitu H-10 Lebaran nanti.

"Ini akan dikebut pembangunannya, dan betonnya akan ditingkatkan dari K350 menjadi K500 jadi keringnya tidak perlu hingga seminggu," ujar Basuki di lokasi proyek Tol Batang-Semarang, Minggu, 11 Juni 2017.

Terjebak One Way di Puncak, Pengendara Menunggu hingga 7 Jam

Selain memantau progres pembangunan jalan tol, Basuki juga memantau progres pembangunan fly over atau perlintasan sebidang kereta api dari Brebes hingga Kretek.

Dari lima perlintasan sebidang, Basuki mengatakan empat perlintasan yang dibangun fly over. Perlintasan yang sudah selesai pembangunannya adalah di wilayah Klonengan, sedangkan yang masih perlu dikebut adalah di Kretek, Bumiayu.

"Untuk sementara fly over yang di Kretek akan fungsional saat Lebaran, dua bentang block jembatan akan terpasang dalam dua hari ini, sedangkan sisanya menggunakan jembatan bely (darurat)," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya